Saturday, 24 December 2016

PAYUNG CINTA



Malam itu, hujan deras sekali.. petir dan kilat saling mengeluarkan suara kerasnya.
Ups, tiba2 aku teringat akan Ma (ibuku), yang malam itu (seperti biasanya) harus pergi ke Musholla untuk mengisi pengajian ibu2 komplek perumahan.
Bergegas kuambil 2 buah payung di tempatnya.
Setengah berlari aku menuju musholla, demi ke"ngeri"anku melihat kilatan cahaya dan derasnya hujan.
Sesampainya disana, kulihat seorang gadis kecil yang menggigil, duduk dengan menlangkupkan kedua tangan di pundaknya. Dia tersenyum melihatku mendekatinya. Sorot matanya pada sebuah payung sudah cukup mengisyaratkan kepadaku, kalo dia tengah menjemput seseorang sepertiku. "Nunggu siapa dik?" tanyaku berbasa-basi. "Eyang" katanya.
Merasa senasib, kuambil posisi duduk aga berdekatan dengannya. 
Tak seberapa lama, ada seorang yang berjaln dengan tergopoh-gopoh kearah kami berdua. Sinar lampu yang temaram tak cukup buatku mampu menerka siapa dia. Setelah aga mendekat, baru kutahu kalo yang datang adalah seorang bapak2 setengah tua mantan salah satu pejabat di kotaku, yang juga tetangga baikku. Disisakannya senyumnya untukku, sebelum akhirnya, dia menyapaku dan berkata : "Mbak, nitip buat eyang uti y (katanya sembari menyebutkan salah satu nama orang yang aku hapal betul 'piyayi'nya).katanya sambil menyodoriku sebuah tas dengan cover satu merk ternama.Aku tersenyum, mengangguk, dan meyakinkannya kalo pesan itu pasti akan kusampaikan kepada orang yang dimaksudnya.Tak lupa bliau mengucapkan terimakasihnya kepadaku, sebelum kahirnya beranjak pergi.

Akhirnya, penantianku berakhir juga... 
Kudengar ibuku mengucapkan salam disambut salawat dan berdirinya ibu2 jama'ah untuk kemudian bersalam2an. Kulihat ibuku ditengah kerumunan. Kuhampiri ibuku, sebelum kutinggalkan pesan agar bliau menungguku di tempatku berdiri yang sekarang.
Kucari2 sesosok ibu yang dibenakku tlah terekam satu pesan " Ada sebuah titipan yang harus kusampaikan".
Setelah kutemukan bliaunya, kucium tangannya setelah bersalaman, dan berkata : "Eyang, ada titipan". Kulihat binar matanya begitu melihat sebuah tas yang kusodorkan. "terimakasih" katanya pelan.
Dikeluarkannya isi tas yang ternyata adalah sebuah jaket aga tebal dan sebuah payung. 
Ya tuhaaaannn,sekelumit perasaan "iri" begitu mnyesak dalam dadaku. Aku melihat bagaimana sang ibu itu dicintai oleh suaminya... Meski bukan seorang pasangan yang (pastinya) bukan baru lagi, tapi kulihat sisi "kasih sayang" yang begitu indah dan hebatnya,nan jarang kutemukan diantara keluarga yang lainnya.
Tiba tiba,kudengar namaku disebut,aku menoleh dan kulihat ibuku sudah berdiri di belakangku. "ini, anak wedhok ngasihke titipan eyang kakung" kata ibu2 yang menerima tas tadi menunjukku. Sembari bicara, bliau mengangkat payung terlipat dan jaket yang berusha dikenakan dengan bangganya.
Setelah bergurau sejenak, akhirnya kami putuskan untuk pulang.. 
Seseorang mencolek bahuku. Oh, ternyata sang adik yang menemaniku membunuh waktu saat menunggu tadi. "Pulang dulu ya mbak"katanya. Kubalas dengan senyuman dan anggukan. "hati2" kataku akhirnya.
Dijalan, ingatanku masih tertuju pada seorang gadis kecil dan bapak yang kutemui tadi.Dalam hati, aku bergumam: Ah,seandainya, semua orang berlaku hal yang sama untuk orang yang dicintainya.. Hmh, pasti seluruh tindakan anarkhi yang beberapa hari ini menghiasi layar kaca, takkan pernah terjadi..

"Payung itu, cuma satu bentuk kecil perhatian. "
Tapi kuyakin menimbulkan perasaan tersendiri untuk orang yang menerimanya.

Tak terasa, sampai juga kami dirumah. Setelah bersalaman dengan beberapa tetangga yang pulang bersama, kamipun bergegas masuk kedalam. Sebelum menutup pintu,Ma berkata "Ibu gak menyangka kalo kamu akan menjemput ibu tadi. terimakasih, ya" katanya sedikit berkaca-kaca.. 
Emh, seandainya bajuku tak begitu basah terkena pias2 hujan tadi, aku pasti sudah memeluknya.
Aku yakin, tanpa bicarapun , Ma pasti tahu.. bagaimana aku mencintainya....
Karena bagiku,Ma adalah orang pertama yang aku cinta,selamanya.. (dan suamiku,setelahnya,TENTU SAJA! )

rahma_mocca@yahoo.com

***********************************************************************************

HAPPY MOTHER'S DAY TO ALL GREAT MOMS IN DA WORLD

No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email