Wednesday, 14 December 2016

UKM SEBAGAI PENGGERAK RODA PEREKONOMIAN RAKYAT. BETUL AJA ATAU BETUL BANGETTT?




'UKM sebagai penggerak roda perekonomian rakyat??? Hmmm, siapa yang bisa menyangkal kalimat diatas?".
Jadi teringat pada tetangga dekat rumahku. Beliau dulu adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Untuk menunjang perekonomian keluarga, beliau membuat makanan berupa Wingko Babat sebagai bisnis UKM dirumahnya.
Wingko babat bernama “Sepur Super” ini kemudian yang membawa nama besar beliau dimana-mana. Rumahnya pun dijadikan pusat oleh-oleh yang menyediakan pesanan, tak hanya tetangga, tapi juga dari beberapa desa bahkan kecamatan lain disini. Siapapun pasti kenal dengan wingko babat "sepur super" milik bu Sardi ini. Rasanya yang endes, dengan ketan yang kenyal dan parutan kelapa serta aroma yang sangat khas wingko babat ini sering banget dijadikan penghantar oleh-oleh waktu acara lamaran bagi keluarga besan (termasuk saya. ehm).

Tak hanya Ibu Sardi salah satu pemilik UKM yang sukses, ada juga pelaku UKM  yg   femes dikotaku, Purwodadi. Beliau adalah Mbak Anny. Seorang pemilik Wedding Organizer dengan nama "Anny's Wedding Organizer" yang dikesehariannya melayani paket pernikahan dari rias, catering, gedung, foto shooting ini  juga merupakan seorang pengrajin Batik tulis Grobogan aseli hasil dari tangannya sendiri. Bukan hanya sebagai perancang motif kain batiknya, beliau juga mendesain sendiri batik-batik tersebut dan menerima pesanan jahitan batik yang pastinya berbeda model dari yang biasanya. Dalam hal ini, Mba Any tidak sendiri tetapi juga mengerahkan masyarakat sekitar untuk ikut membatik bersamanya.

Mbak Any beserta kru membuat batik.

Memberikan pelatihan membatik di lapas purwodadi

Kain batik hasil tangan Mbak any


Tak hanya itu, beliau juga sering menampilkan maha karyanya dalam beberapa pertunjukan busana.

Dan dengan menjamin kualitas produk batiknya, Mba Anny berkeinginan untuk mengenalkan Batik Grobogan hingga ke kancah Internasional

Profil Mba Anny yang dimuat disebuah surat kabar

Melatih warga sekitar untuk ikut membatik


Jadi, jika UKM dikatakan sebagai penggerak roda perekonomian rakyat, kayaknya ga cuman betul tapi beneer bangetttt. Seperti bu Sardi juga Mbak Anny, masih banyak pelaku bisnis UKM diluar sana yang pastinya mampu bukan hanya menggerakkan perekonomiannya sendiri, tapi juga membantu perekonomian yang lainnya dengan memberikan kesempatan lowongan kerja.

Meski disini saya masih dalam level penikmat alias konsumen tapi saya sangat mengapresiasi sekali para produsen terutama Ibu rumah tangga yang mampu menggerakan bisnis UKM dari rumah-rumah mereka.

Dengan kemajuan tekhnologi UKM-UKM ini bisa dengan mudah memanfaatkan media social untuk memperluas jaringan pemasaran. Oleh karena itu sangat banyak sekali kita jumpai pemilik usaha-usaha lokal ini yang memajang produknya di akun FB, Instagram, maupun di twitter sehingga lebih cepat diterima oleh para pengguna sosmed-sosmed tersebut.

Seperti Hijab (https://www.instagram.com/butik_mahrankhumaira/), yang display produknya bisa kita lihat di akun instagram mereka.

Buat mommy-mommy instan yang ga suka pakai ribet macam saya ini. Bisa banget pesen makanan frozen yang lagi ngehits seperti nuget di (https://www.instagram.com/frozenkuro/) untuk bekal si kecil sekolah.

Akhirnya, baik sebagai penggiat maupun penikmat, mari kita dukung UKM dengan selalu menggunakan produk-produk lokal mereka. Karena kualitasnya yang juga gak kalah juara dengan produk-produk import atau branded-branded ternama. Sehingga produk-produk tersebut bukan hanya dikenal masyarakat kita, tapi bahkan juga bisa mendunia. Bagaimana? Setuju kan manteman?! 

“Tulisan ini diikutkan dalam giveaway UKM Sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat yang di adakan Agustina D.J” (www.ceritadandelion.com.)




2 comments:

  1. Terimakasih atas partisipasinya, good luck :*

    ReplyDelete
  2. Sama2 mba agustina. Tengkyu doanya..

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email