Saturday, 4 February 2017

UNTUK SESEORANG YANG TAK TAHU ARTI "SAYANG"



Aku tertegun, ketika tiba-tiba kau bertanya “Sayang itu yang seperti apa sih?’’. Aku tertegun bukan karena kamu sebagai pihak yang melontarkannya. Tapi lebih pada diriku sendiri. Untuk sepersekian detik aku menatap luruh ke diriku. Menatap lurus pada kaca ilusi yang aku hadirkan sendiri. Ah ya.  "Apa arti sayang?. Apakah aku memilikinya?". Entah kenapa untuk beberapa hari kemudian pertanyaan seperti itu selalu berulang.

Sampai pada suatu sore aku melihat seorang kakek tua dengan cucunya berada beberapa meter dihadapanku. Dengan kekuatan dua tangan renta diiringi hujan keringat beserta sisa-sisa tenaga tuanya, dia tetap berusaha menggayuh mangga yang bergelantungan jauh di atas kepalanya itu. 
Tampak sang cucu bersorak kegirangan ketika mendapati beberapa gelintir buahnya berjatuhan tepat diatas tanah yang tak jauh darinya.

Serasa diingatkan aku seperti menemukan sebuah kesimpulan. Itulah rasa sayang. Ketika apapun yang kau lakukan adalah untuk membahagiakan seseorang. Tulus tanpa mengharapkan imbalan. Kamu tak perlu membelinya dengan hartamu. Cukup melakukan apa dan dengan cara yang dia inginkan. Sesuatu yang bisa membuatnya tersenyum bahagia karena berarti kau telah menyenangkan hatinya. Ya. As simple as that, i think!

Segera aku beranjak dari tempatku berdiri. Membeli beberapa kue lapis kesukaanmu. Bukan lagi makanan kesukaanku (yang seperti biasanya aku bawa), untuk kita habiskan bersama sore ini. Demi menyenangkanmu. Iya, kamu. Yang membuat aku mengerti akan arti kata "sayang". Dan untukku yang tak pernah mengerti kata itu sebelumnya. 



2 comments:

  1. kalau sudah jadi ibu, sayang itu banyaaaak sekali definisinya. bahkan menurutku saking tulusnya rasa sayang seorang ibu sampai ada beberapa yang tidak bisa didefinisikan juga :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. iya teh ajeng. Betul sekali. Kasih sayang seorang ibu takan pernah ada tandingannya yaa..

      Delete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email