Sunday, 21 May 2017

WANITA DAN CEMBURU

Pict by : sidomi (google.com)

Beberapa waktu lalu, kita sempat dihebohkan kasus bu dokter cantik Marissa Haque yang "cemburu" dengan mantannya sang suami, Ikang Fawzie. Yang pada saat itu ditampilkan disebuah acara, dan berujung keinginannya untuk menyomasi program acara tersebut. Pun ketika pada akhirnya twitannya yg pedas dan serta merta dibalas oleh para netizen. Hmmm, pada ngikutin gak tuh? Sejujurnya, saya sih pada awalnya ga ngikutin juga. Tapi karena bersliweran di timline medsos, saya jadi tertarik untuk ngebahasnya.

Wanita dan cemburu? Ah, entah kenapa cemburu selalu dikaitkan dengan wanita ya? Padahal tak jarang beberapa pria juga bisa mengalami fase jelousy loh. Namun mungkin karena pria cenderung lebih bisa menyimpan perasaan terdalamnya. Dan lebih mengandalkan logikanya, jadi mungkin rasa cemburu pria lebih tidak bisa diraba, dilihat dan diterawang. *halah.

Nah, dalam postingan ini saya tidak akan membahas mengenai kenapa cemburu identik dengan wanita.

Yang akan saya ulas adalah, perasaan yang ada di sebaliknya.
Mungkin ada beberapa pria diluaran sana yang tidak mengerti kenapa dan bagaimana menangani wanitanya yang sedang cemburu. 

Flashback kepada tante Marissa Haque yang notabene seorang wanita sempurna di mata saya. Yang bagi saya beliau adalah wanita dewasa yang cerdas, berwibawa, cantik dan tentu saja pintar. 
Dari caranya membawa diri sebagai pribadi, dokter maupun anggota DPR. Namun perlu diingat bahwa pada kodratnya, tak ada satupun manusia yg sempurna. Ya! Setidaknya dia juga manusia yg penuh kekurangan dan kealpaan, kayak kita2 juga kan?

Nah, daripada terus menghakimi tante MH, coba deh diingat2, kita pastinya juga pernah merasakan cemburu pada pasangan kan?kapan kita terakhir kali pernah merasa cemburu kepada mantanya pasangan? Semua itu wajar kok. Selama cemburu bisa kita atasi dengan baik dan benar.

Namun, sebelum kita menanganinya coba kita kenali perasaan dibalik rasa cemburu kita yuuks :



Ahhh, wanita cantik juga manusia kan ya? Seberapapun perfect nya wanita, jika disandingkan dengan sang mantan pria, ada beberapa dari mereka yg punya kecenderungan untuk kurang percaya diri.
Dan disinilah seorang wanita butuh pengakuan dari suaminya.

Penanganan : Buat suami, harus sering2 muji nih kalo punya tipe istri seperti ini dan jangan pernah memuji kelebihan wanita lain didepan istri. Apalagi menyebut2 soal mantan didepannya. Dijamin perang dunia tiada tara pokonya. =D Buatlah pasangan yakin kalau kalian bangga dan bahagia hidup bersamanya.. 



Insecure alias rasa tidak aman adalah keadaan dimana pemiliknya tidak merasa nyaman atas kondisi bahkan dirinya sendiri.

Penanganan : wanita dengan rasa insecure yg tinggi ini membutuhkan perhatian yg tinggi dari suaminya. Sering2lah diajak bicara. Jadilah pendengar yang baik. Penuhi semua keinginannya selama itu tidak menyimpang. Beri rasa aman dengan sellu meyakinkan kalau suami adalah org yg sangat mencintainya. 

Oiya, kata "sangat mencintai" ini bisa dilakukan dengan sellau membuatnya menjadi orang nomor satu. Paling spesial dan utama. Selain perbuatan, jangan segan untuk mengatakan kalaau anda mencintainya ya. Terkadang,adakalanya wanita itu lebih seperti anak kecil. Yang akan terus bertanya apakah orgtuanya mencintainya. (Dalam hal ini wanita selalu ingin mendengar secara langsung apakah suaminya itu mencintainya untuk meyakinkan dirinya sendiri).



Orang cemburu itu bisa jadi munculnya karena perasaan tidak dicintai oleh pasangan loh?Kok bisa? Iya. Seorang teman pernah bercerita betapa cemburunya dia kepada teman kantor suaminya. Padahal menurut saya teman saya td lebih cantik daripada teman kantor suami itu loh. Dan ketika saya tanya, ternyata jawabannya simple. Dia merasa tidak dicintai oleh suaminya. Meski umur pernikahan mereka sudah tahunan, tapi ternyata "perasaan tidak dicintai pasangan" masih saja bisa dimiliki oleh seseorang.

Penanganan : Aduhai eh wahai suami, jangan pernah membuat pasanganmu merasa tidak dicintai ya. Sekali lagi, wanita itu acapkali membutuhkan komunikasi secara verbal. Ajak bicara. Sering2lah buat momen2 berdua saja. Lakukan hal yang dilakukan oleh seorang suami kepada istrinya. Sesekali berilah kejutan dengan memberikan hadiah berupa benda yang disukainya. Buatlah perasaanya nyaman dan dicintai.


Nhaa, ini yang bahaya nih. Ketika wanita cemburu, adakalanya dia merasa kurang percaya dengan pasangannya.
Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh sikap pria sendiri. Wanita itu tahu loh, kapan pasangannya berbohong atau tidak. Karena meski lemah, naluri wanita sering tidak pernah salah.

Penanganan : Coba introspkesi diri deh ya. Mungkin ada kata2 atau sikap yang aneh dan ditangkap oleh pasangan. Coba komunikasikan kalo merasa tidak menemukan musababnya.

Setelah menyimak empat perasaan di sebalik rasa cemburu. Kira-kira manakah yang sesuai dengan kalian? Jangan lupa komunikasikan dengan pasangan ya, agar hubungan kalian selalu terjaga.

Salam.



13 comments:

  1. Aku.. pecemburu banget hehehe.
    Agak susah ngilanginnya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... ada sebagian orang yg bilang cemburu itu fitrah kok mba :) yg pnting masih dlm tahap wajar dan ga sampai bikin masalah besar yaa

      Delete
  2. Aku kalau percaya sama pasangan, rasa cemburunya agak meminimalisir mba.
    Nggak tau kalo udah percaya ya gitu aja. Tapi waspada juga perlu kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba. makane masuk di poin 4 ya. Kepercayaan itu harus. Makanya harus dibangun dan dipupuk agar tdk menyulut api cemburu ya. :)

      Delete
  3. Aku ngga cemburuan hihi bahaya juga ya kalo terlalu nyantai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk.... nyantai kek di pantai ya mba dew

      Delete
  4. wahhh pacar saya nih cemburuan huhu, kalo udah bete ituuuu kek perang dunia ke 3 hha, gmna tuh ngatasinya ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanyakan dl dong alasannya kenapa kok cemburu. cari sumber masalah lalu komunikasikan biar ada solusi bersama. kalo suka ngegombal, digombalin dikit juga boleh deeeeh, sama beri hadiah yg dia inginkan kalo lagi marahan. semoga membantu yaa...

      Delete
  5. Cemburu tanda sayang, asal pas gak berlebihan, kita berdua mah selalu berdua 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu syaratnya "asal ga berlebihan". cemburu bisa bumbu dalam suatu hubungan ya. setuju bgt mbavit.toss...

      Delete
  6. Aku cemburuan super banget.. Dan poin2 di atas beneerrr.. Padalo ya suami sudah membuktikan segala cara, emang akunya yang kudu "dibenerin" hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee.. emg gaksa sepihak sih mba. harus ada komunikasi berdua yaa. yg pntg kalo aku sih mau suasana hati sdg marah, sedih ato cemburu, misua wajib tau. shg bs meminimalisir keadaan, pikiran dan perasaanku serta sama2 bs belajar nyari solusi dr situ :)

      Delete
  7. mbak marissa itu memang kontroversial ya mbak...kesehariannya kyk apa tuh mbak marissa galak kayaknya he he

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email