Friday, 26 May 2017

Masakan Istimewa di Bulan Istimewa


Marhaban Yaa Ramadhan.
Alhamdulillah, setelah menunggu pengumuman hasil sidang itsbat dari pemerintah semalam (26/5), pagi ini resmi sudah kita menjalankan puasa di hari yang pertama.

Excited banget gak sih? secara bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua pahala akan ibadah kita dilipatgandakan. Jadi sudah waktunya berlomba-lomba kembali dalam ibadah dan kebaikan nih *aamin*.

Ngemeng-ngemeng soal bulan ramadhan, selain puasa dan tarawih (tentunya!), apa sih yang paling istimewa? Hmmm kalau aku mah pasti menu buka dan sahurnya ya. Selalu butuh makanan favorit yang pastinya ada tuh buat nambahin semangat berpuasa.

Untuk menu berbuka, sepertinya semua masakan adalah masakan favorit buat saya.  Tapi kalau untuk menu sahur, selalu butuh  "menu khusus" yang biasanya merupakan masakan kesukaan kami di rumah.
Khusus untuk bulan puasa, maka minuman dan makanan favorit yang biasanya tersedia di rumah kami, diantaranya :

1. Teh hangat
netralitas.com

Disaat kopi sedang mendunia, saya lebih memilih teh hangat ini sebagai minuman favorit saya. Segelas teh manis hangat rasanya bisa mengembalikan sebagian tenaga saya. Entah seperti sebuah sugesti, kalau habis minum teh manis hangat rasanya badan kembali segar seperti sedia kala.

2. Sup Buah
perutgendut.com

Sup  buah ini adalah minuman yang paling simple buatnya. Cukup dengan mencampurkan beberapa macam buah-buahan trus di tambah beberapa sendok sirup dan es batu, sudah bisa dinikmati. Namum terkadang saya juga mencmpurkan susu kental manis kalau sedang ingin. Rasanya sih sama-sama segar. Jadi bisa dinikmati suka-suka.

3. Setup Pisang
cookpad.com
Kalau ada stok pisang dirumah, daripada dibuat kolak, saya lebih suka setup pisang ini. Rasa manis dengan aroma cengkeh didalamnya selalu membuat saya suka untuk lebih banyak mencicipinya. Untuk mengkonsumsinya, saya lebih suka setup pisang yang dingin. Jadi setelah jadi dan dingin, Masukkan ke dalam kulkas dan  tunggu hingga adzan berkumandang deh. Saya biasanya hanya nyicip sedikit dulu, dan baru makan seluruhnya setelah tarawih atau setelah shalat maghrib dan makan besar.

4.  Gulai kambing
josstoday.com


Gulai kambing ini adalah makanan favoritku dan suami. Ada satu warung khusus di kota kami yang jadi langganan. Kalau bikin sendiri rasanya masih kalah jauh soalnya. (PR buat bisa bikin gulai yg enak deh niy)

5. Pecel
wizamisasi.com
Pecel ini adalah masakan paling praktis, ekonomis, higienis dan anti amis. Cocok banget untuk menu sahur. Karena menyiapkannya tidak butuh waktu yang lama, jadi pecel selalu menjadi pilihan utama kalau pas sedang tidak ingin ribet di dapur menjelang sahur.

6. Sayur bayam, bothok dan sambal


imgrum.com

Sayur bayam, bothok, sambal (plus petai goreng) adalah menu idaman dikala buka puasa tiba. Rasanya segar sesegar es buah idola kalau buat saya. Beberapa lauk berupa ikan goreng juga cocok sih sebenarnya. Tapi saya lebih suka kalau sayur bayam ini disandingkan *penganteen kali?* dengan bothok pethet ala mba ika, sambal  tomat dan pete goreng. Rasanya sempurna. Kayak aku, kamu dan cinta kita *plak*.

7. Oseng cumi
sajianbunda.com
Karena cumi-cumi adalah seafood favorit keluarga, maka oseng cumi adalah masakan yang sering saya masak sebagai menu berbuka atau sahur di bulan puasa.

Demikian masakan istimewa di bulan istimewa yang jadi favorit saya. Kalau mba Ika Hardiyan Aksari , mba Wati  dan GRes anggota #arisanbloggandjelrel smua, favoritnya yang mana nih? Bagi ceritanya donk...

Salam.





21 comments:

  1. Tosss mbak.. Aku juga suka setup pisang :) segeeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba maritaaa... toss balik yuk ah..

      Delete
  2. Toss, ada pecel nya. Pecel salah satu yang paling sering kubikin kalo puasa2 begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss balik mba ikaa. simpel ga pake ribet. dan tentunya lebih sehat drpd makanan instan ya mba :)

      Delete
  3. Wah gulai kambinh, kalau kambing2an aku pling suka di sate,,, klo gule cukup doyan aja mbak hehe. Sayur bayem dan botok juooossss 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah gak suka kambing2an maraaa. sukaku kambing beneran yg uda dimasak jadi gule. wkwkwk...iyah, bayem dan botok memang juosss gandoss kotos2 nganti bledhos yaaa

      Delete
  4. Replies
    1. tossa mba pranaa.. makanan khas yg bnr2 nerakyat yaaa. aku juga sukaaaaa

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Sup buahnya bikin kemecer mbak rahma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii... ayo bikinn mba danii.. top markotop pokoe...

      Delete
  7. Oseng cuminya menggoda..coba bikin ah buat ganti2 menu di rumah

    ReplyDelete
  8. Aku lbh suka kolak drpada setup. Tapi kebnyakan santan gabaik ya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  9. Setup pisang, pecel dan bothok itu termasuk kesukaan saya juga loh mbak. Setup kalau nggak sempat bikin banyak yang jual apalagi pas Ramadhan. Pecel dan bothok meskipun sering makan di hari biasa tapi tetap suka karena rasanya enak :)

    ReplyDelete
  10. bothok itu seger banget mbak kalau digathuke sama sayur bening

    ReplyDelete
  11. Oseng cumi favorit sy juga niyyy... yummy..

    ReplyDelete
  12. Wow, ada bothooook, mau dong Mbak. Puasa kedua ibuku bikin bothok juga, langsung habis. Suamiku ngiwuuuttt banget makannya. Hihihi.

    Makasih ya, Mbak, sudah ikut meramaikan arisan blog kedua ini.

    ReplyDelete
  13. teh nomor 1 ya mbak klo buka puasa, yang anget2 gitu

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email