Tuesday, 30 May 2017

MENGENANG MASA KEJAYAAN


Berbicara soal "sesuatu yang kamu kangenin" sebagai tema #arisanbloggandjelrel dari duo mba cantik Rizka Alyna dan mba Alley H rasanya senang sekali. Karena kebetulan banyak yang ngangenin saya *eh, saya kangenin. 
Dan diantara sekian banyak hal yang saya kangenin, utamanya adalah kangen dengan masa-masa kejayaan atau keemasan saya. *halah*.  Jangan bayangkan kalau jaman kejayaan itu adalah masa dimana saya sedang masih dalam masa tumbuh kembang dan saat masih lucu2nya ya. *apasih?*. 
Tapi, masa kejayaan itu adalah masa di mana saat itu saya masih duduk di bangku kuliah. 

Jadi ceritanya masa kuliah adalah masa dimana saya mulai bebas bergerak dan tidak terkungkung kembali dengan aturan-aturan di rumah. Yach, tau sendiri kan ya? Disaat beranjak dari remaja menuju dewasa, selalu banyak hal yang menyebabkan kontroversi hati gara-gara aturan-aturan yang dibuat oleh orang tua. Nah, saya termasuk saya salah satunya.

Lahir di sebuah keluarga dengan background agama yang sangat lekat, otomatis aturan yang harus saya terima di rumah sedikit agak lebih ketat. Dan dari banyak hal yang dilarang oleh oiangtua saya, yang paling tidak saya setujui adalah mengikuti lomba yang berhuibungan dengan menyanyi. Padahal mereka tahu kalau saya paling suka menyanyi. Alih-alih mengikuti lomba menyanyi, Bapak Ibu (terutama bapak) lebih memilih untuk mengikutkan lomba lain seperti membaca puisi atau tilawah.
Beliau bahkan mendaftarkan saya untuk mengaji setiap hari minggu di sebuah Masjid di tengah kota yang pesertanya kebanyakan ibu-ibu agar saya memperbaiki bacaan Al qur'an saya sekaligus bisa mentartilkannya dengan baik. Disaat semua anak sebaya saya sedang asyik2nya menonton filn kartun kesukaan mereka, saya "malah" harus berada di suatu tempat yang asing demi keinginan Bapak. Sedih sih, tapi hikmahnya saya jadi sering ikut didaulat oleh sekolah untuk mengikuti lomba MTQ dan beberapa kali menjuarainya. 

Untuk itulah ketika mendapat gelar baru bernama mahasiswi, rasanya teramat sangat senang sekali (saking senangnya). Karena kuliah saya ada di luarkota, maka saya harus ngekos di sana. "Yess, akhirnya keluar dari rumah ini juga". Itu kata-kata pertama saya setelah menerima surat bahwa saya dinyatakan lulus PMDK. Hihihi. Bayangin aja, teman-teman saya waktu di antar ke kos pertama kalinya, mukanya pada termehek-mehek mania. Senyum saya malah mengambang lebar tanpa dosa. Hahaha.

Dan selama di sana, masih meneruskan bakat tomboy saya, maka kebanyakan teman saya saat itu adalah cowok. Bisa di pastikan kalau ada segerombolan cowok dengan satu cewek, itu adalah saya. Soalnya waktu saya kuliah, masih jarang sekali orang berlalu lalang. Lokasi kampus yang berada jauh dari perkotaan dan masih di area pedesaan ini belum begitu seramai sekarang.

Karena teman saya banyak yang cowok, maka saya memanfaatkan situasi ini untuk belajar alat musik kepada mereka. Terutama gitar. Alhamdulillah dari mereka-merekalah sampai sekarang saya sudah bisa mencari nada untuk lagu sendiri. 

Hingga suatu hari, ketika sedang bersenandung di dalam kelas (kebetulan selain KM tempat paling kondusif untuk menyanyi  jejeritan adalah di kelas) tiba-tiba ada kakak kelas yang mendengar dan suka. Beliau punya beberapa lagu ciptaannya sendiri yang katanya cocok dengan karakter vokal saya. Jadi deh hari itu saya untuk yang pertama kalinya ngeband. Bergabung dengan band "De Flip Minor" bersama tiga teman sekelas saya. Ga cuman di de flip minor, saya juga tergabung di beberapa band "dadakan" bernama the stage, dan Caldera. Sasaran kami adalah di acara-acara tahunan jurusan dan acara-acara di kampus. Di band yang terakhir kami sering menyanyikan lagu-lagu Mocca. Itulah kenapa saya mencantumkan nama "mocca" di banyak nama akun sosmed saya *gakda yang nanya ya*. Hihihi.

Baidewei eniwei baswei, jujur aja, sebenarnya suara saya juga gak bagus2 amat menurut saya sih. Cuman mungkin karena jatah stock cewek yang gak punya malu buat maju keatas panggung masih langka. Jadi kayaknya teman2 saya merasa excited ketika menemukan penampakan saya yang memang malu-maluin ini =D

Dan setelah tidak merasakannya kembali dalam jangka watu yang sangat lama (terakhir ngeband tahun 2006), menyanyi di atas panggung, menonton konser musik, ngejam bareng dan nongkrong ayik di studio musik, rekaman ala-ala pakai kaset dan recorder tangan, sok-sok an bikin video klip ala-ala adalah hal yang paling paling saya sangat kangenin sekali. Cuman mungkin agak kalem sedikit kali ya? Pegang strum eh pegang mic sambil mainin piano di atas panggung kolaborasi dengan anak lanang. *aamiin*

Penampakan de Flip Minor. Whew, benar-benar kelihatan kan kulit coklat langsat saya :)


Bersama Caldera Band manggung di acara perpisahan SMK Widya Praja Ungaran :)

Demikianlah sekelumit cerita tentang sesuatu yang saya kangenin. Kalau kamu, apa yang paling kamu kangenin? Aku? *ehhhhh.....









23 comments:

  1. Wuiih mb rahma vocalis ki..dl pas smp sma aku pengen mb bisa kaya gitu tapi masih pemalu hehe dan ndak ada kesempatan. Kalau skrg beda cerita, aku lebih suka ngaji hehe..dunia berbalik mmg yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk. sama mba icha,aku skg juga lebih suka ngaji kok.. *salim dulu yuk

      Delete
    2. wkwkwk. sama mba icha,aku skg juga lebih suka ngaji kok.. *salim dulu yuk

      Delete
  2. Wuiih mb rahma vocalis ki..dl pas smp sma aku pengen mb bisa kaya gitu tapi masih pemalu hehe dan ndak ada kesempatan. Kalau skrg beda cerita, aku lebih suka ngaji hehe..dunia berbalik mmg yaa :)

    ReplyDelete
  3. Terakhir ngeband 2006? Aku sedang hamil anak kedua ituh hihihi... Atau jangan-jangan malah udah lahiran? Btw keren euy pernah ngeband, waktu SMP aku juga pernah jadi vokalis di band sekolah, tapi manggungnya pas wasana warsa doang 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii. sama kok mba irfa. selalu ga jauh2 dari kampus ngeband nya

      Delete
  4. Keren ik mb rahma, pinter nyanyi.klo aku sukanya nyanyi dikamar mandi he he ..seneng ya punya temen2 yg sehobi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii... aku juga penyanyi jebolan kamar mandi mba. krn jarang pulang sndiri, ndilalahnya ketemu temen2 baik yg ngajakin ngejam :)

      Delete
  5. Berarti kejahilanmu nurun ke dhaffin ya mbak rahma, kamu gendut ya pas kuliah, merasa merdeka bebas berekspresi kali ya, sekarang nyanyi aja toh di sekolah bareng muridmu bikin paduan suara dan ma dhaffin nyanyi lagu anak2 aja 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tengile kek mamahe kayane mbavit.pas kuliah emg cenderung gemuk, bs jadi bener alasanmu itu kali ya :) kalo dikos isina seneng terus aja bawaane. alhamdulillah temen2nya baik2 smua. gapernah ada masalah. kalo dskul, aku juga kebagian nglatih padus anak2 kok mbavit. jd ya mayan deh tersalurkan buat jejritan di skolahan *eh

      Delete
  6. Wah ga nyangka mbak rohma anak band ternyata..kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau masuk jd anggota BEM ga kesampaian soalnya mba :)

      Delete
  7. YA ampun nggak nyangka kalo jadi vokalis banda mbak. Btw fotonya jadul banget ya.. kenangan tak terlupakan tentunya. Sekarang ngeband lagi mbak, apalagi kalo kangen :) penasaran sama suaramu mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. itu kamera hape keluaran pertama mba. disaat hp masih jd barang langka dulu. jd fiturnya masih fokus buat telpon sama sms an. kameranya masih VGA. wkwkwk...

      ealaah, jgn dibayangin suaraku yg merdu ya mba. org ngeband modal nekat kok. Asal manggung gatau malu aja kita maah =)

      Delete
  8. Kalo kopdar nyanyi yooo demi mengenang masa kejayaan 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita duet mawut berdua ya mba rahmii :)

      Delete
  9. kece mba Rahma, hahahaha anak band lho. Kapan-kapan perform ya mba :-D
    itu fotonya jadul banget, udah lama nggak ngeliat foto begituan.
    sukses terus ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sekitar taon 2003-2004 an mb. foto pake kamera hp jadul. modele jadul pulak. klop deh y. WKWKWK. makasi doanya. sukses terus juga buatmu ya mbak nyi

      Delete
  10. Wuiih...ngeband juga ya. Aku juga anak band, tapi tahun 90an..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 90 an itu justru pas lagunya bagus2 je mba. everlasting song ya. kereen dunk mba ika, tahun itu uda tau ngeband yakz, aku masih ileran main gundhu itu mah :)

      Delete
  11. Kuliah :") jadi kangen hahaha aku kuliah cuma 1 tahun mba hehe

    ReplyDelete
  12. Waaa, anak band.
    Tahun segitu, aku lagi khusyuk jadi pengantin baru, punya anak pertama njuk khusyuk lagi jadi emak2..*huwwoppokii

    Kalo ikut arisan PKK, bakal sering ditanggap buat isi acara tujuh-belasan dong ni..^_^

    ReplyDelete
  13. Sekarang masih suka nyanyi ga mbak?
    Ada cerita seru ketahuan orang tua nyanyi, terus dimarahin gitu ga, Mbak?

    Aku ada temen dari keluarga yang aturan agamanya ketat juga. Ketahuan punya pacar pas kuliah, langsung dinikahin. Alhamdulilah langgeng sampai sekarang. Hehe

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email