Wednesday, 18 October 2017

Tugas ke luar kota? Jangan lupa bawa barang-barang berikut ya!

Daftar barang yg harus dibawa kalau keluar kota

Menjadi perwakilan pilihan instansi untuk mengikuti pelatihan ke luar kota pasti menjadi sesuatu yang bikin campur aduk rasanya ya. (Eh ini aku doank, apa kalian juga sih?hihihi) Ada senengnya, sedihnya, bangganya, sampai galaunya. Terutama buat emak-emak yang gak pernah jauh-jauh dari anak macam aku. 

Apalagi kalau waktunya lebih dari seminggu. Waaah waaah.. rasanya sudah gak karu-karuan. Hihihi.

Tapi demi karier sih ya. Apapun deh. Nanti ujung-ujung hasilnya juga buat anak dan keluarga juga. Mikir gitu aja kali ya? 😊 Nah biasanya barang apa aja sih yang harus dipersiapkan selama kita berangkat ke luar kota untuk suatu tugas perjalanan dinas? 

Kalau aku sih : 

1. Baju 
Bukan wanita namanya kalau baju gak jadi urutan nomor pertama. Hahaha. Maklum ya. Belum apa-apa atau baru di kabarin mau ditugaskan ke luar kota aja langsung ingetnya mau pakai baju apa. Kyaaaaa... *hayo, ngaku!* Jujur, kalau aku sih iyes. Ikut mas anang *halah*. 
Baju-baju tersebut diantaranya adalah :

Entah apapun acaranya. Menurutku batik adalah kostum yang pas untuk segala acara ya. Resmi bisa. Santaii juga bisaa. Bawa batik yang simpel untuk acara gak resmi. Dan bawa juga batik yang modis kalau emang diperlukan selama acara. Kalau untuk acara sekolahan mah pakai aja batik seragam sekolahan. Hihihi. Biar pas, harus disesuaikan dong ya.
Baju seragam batik

b. Kemeja dan bawahan 
Ini yang paling gampang ya. Untuk session siang kalau gak batik pilihan lainnya adalah kemeja gini. Kemeja panjang dengan warna yang tidak mencolok dan bawahan yang berwarna senada. Atau netral (hitam/biru donker). 

c. Pakaian santai 
Yang ini maksudnya mah baju sehari-hari. Bisa rok panjang, gamis (kalau yang biasa pakai gamis), kaos panjang, celana/rok jeans. Pakaian ini bisa dipakai kalau lepas acara dan pengen jalan-jalan di sekitar tempat pelaksanaan acara.

d. Last but not least adalah baju tidur
Bawa baju yang nyaman buat tidur itu perlu juga loh. Apalagi yang sudah terbiasa ganti baju tidur sebelum mendarat di pulau springbed. Hihihi Biar bisa tidur nyenyak. Jadi besok paginya bisa lebih fit.


2.  Mukena dan alqur'an kecil 
Ini wajib nih. Kecuali pas berangkat sedang berhalangan alias menstruasi. Biar ga memberatkan,bawa yang bahannya tipis aja ya. Kalau alquran kecil gak masuk juga, bisa pakai aplikasi alquran di hp.
Mukena tipis


3.  Uang dan ATM 
Yang ini wajib lah ya. Biarpun nanti disana dapat pengganti transport. Tapi jangan sampai ga bawa uang sepeserpun. Kan kita gak tau apa yang terjadi selama perjalanan kan ya. Moga-moga sih gak terjadi apa-apa.


4.  Kartu identitas 
Bawa kartu identitas seperti KTP itu harus ya. Kalau ada apa-apa orang bisa tau identitas kita. 

5.  Pas foto 
Pas foto ini bisa saja diperlukan oleh panitia jika ada sertifikat yang akan dikirimkan nantinya. Kalaupun ga, juga gakpapa. Buat jaga-jaga aja. 

6.  Hp, laptop dan chargernya 
Ini sebenarnya yg fundamental ya. Karena berkaitan dengan pekerjaan yang akan kita selesaikan nantinya selama di sana.
Laptop, hp dan charger

7.  Kosmetik 
Jangan lupa bawa kosmetik yang biasa kita pakai sehari-hari termasuk parfum kesayangan donk. Plus krim perawatan kalau yg biasa pakai krim. 

8.  Asesoris
Bawa jam tangan, fancy belt dan asesoris lain seperti fancy necklace atau brachelet boleh juga. Tapi pemakiaannya disesuaikan ya. Usahakan bawa yang tidak dari emas ya. Mencegah hal-hal yg tidak diinginkan terjadi. Kecuali kalau emang uda terbiasa pakai sih.
Gelang kalung


9. Sepatu dan sandal
Kalau aku lebih suka bawa sepatu dua sih. Satu sepatu resmi. Satu sepatu flat pengganti sandal. Biar praktis.


10. Obat-obatan 
Terutama kalau kita menderita sakit tertentu. Kalau aku biasanya bawa vitamin/madu aja. Biar ga K.O kalau kebetulan selama tugas jadwal padat dan melelahkan. Gak lucu kan jauh2 tapi kita malah K.O?


Nah, demikian beberapa benda yang harus disiapkan sebelum berangkat pelatihan/tugas dinas ke luar kota. Sama gak sih dengan persiapan kalian? Boleh komen juga di bawah yaaa...

Baca juga : Sekelumit cerita dari pantai Karang Jahe Rembang

6 comments:

  1. Bener bangetlah semuanya kudu mesti dibawa itu mah

    ReplyDelete
  2. Iya, ga boleh itu semua. Selain itu aku juga suka bawa sandal jepit :)

    ReplyDelete
  3. Betuul! perlengkapan harus lengkap meskipun tetap praktia.

    ReplyDelete
  4. bener banget mbak semua itu harus dibawa, gak boleh lupa, eits..satu lagi alat make up nya juga jngan sampek lupa hehehe....

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email