Monday, 13 November 2017

IW-care, aplikasi istimewa untuk ibu hamil&menyusui



Pernah gak sih ngalamin ketika sedang hamil dan sedang berada di luarkota tiba2 ada keluhan pada perut buncit kita? Sedang berada di tempat yang asing nan ramai dan bingung cari tempat aman, nyaman serta higieneis buat menyusui?

Mungkin kejadian tersebut lah yang melatar belakangi keinginanku untuk membuat aplikasi ini.

Sebuah aplikasi istimewa untuk makhluk paling istimewa di bumi ini. Yaitu wanita. 

Aplikasi ini sendiri diberi nama IW-care yang diambil dari kata "I Will- CARE". Atau dalam bahasa indonesianya bisa diartikan sebagai "Aku Akan-PEDULI". Ini seperti sebuah janji pada diri sendiri untuk lebih perduli kepada wanita. Terutama wanita yang sedang hamil atau masa2 menyusui bayinya. Bukankah orang hamil itu pantas untuk mendapatkan tempat yg istimewa di mana saja dan oleh siapa saja?😊 *as simple as that*.

Dan adapun isi dari aplikkasi IW-care ini nantinya adalah :

1. Alamat dokter kandungan terkemuka di setiap daerah
Dilengkapi dengan google maps nya.
Jadi meski berada di daerah manapun setiap kita menggunakan aplikasi ini kita bisa mengorek informasi keberadaan dokter yang terdekat dengan kita

2. Jadwal praktek dokter kandungan terdekat yang ada di sekitar kita.
Kita tinggal mengetikkan daerah yang menjadi posisi kita saat ini. Dan biarkan aplikasi yg berjalan untuk memberitahu jadwal praktek dokter kandungan yang sekiranya dengan mudah kita jangkau.

3. Tempat Laktasi Asi
Ini berguna bagi para ibu menyusui yang aware dengan lingkungan sekitar. Memiliki tempat yg aman, nyaman, khusus dan higienis pastilah dambaan ibu menyusui ketika seda g berada di keramaian. Menjadikannya spesial dengan ruang khusus untuk memberikan ASI terbaik bagi generasi penerus adalah salah satu kewajiban kita bukan?

4. Tempat/Alamat AIMI
AIMI atau Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ini adalah sebuah komunitas bagi Ibu2 menyusui yang butuh dukungan moral menuntaskan proses pemberian ASInya hingga 2 tahun. Terdiri dari para konselor laktasi di seluruh pelosok negeri.

AIMI ini perannya adalah membantu ibu menyusui untuk menemukan komunitas pendukung ASI. Agar merasa tidak sendirian ketika mengalami kesulitan pada waktu pemberian ASI eksklusif untuk bayinya pun juga untuk menyalakan semangat bagi ibu baru untuk terus memberikan ASI nya kepada sang bayi hingga sampai 2 tahun.
Seperti layaknya komunitas, disini terdapat forum chat untuk setiap diskusi yang melibatkan anggota AIMI yg sama2 menggunakan aplikasi IW-Care ini.

5. Menghitung HPL 
Dengan memasukkan tanggal terakhir haids. Maka dengan sendirinya aplikasi ini akan menghitung hari perkiraan lahir si jabang bayi.

6. Menghitung jumlah kalori
Ini untuk menghitung jumlah asupan kalori ataupun gizi yang telah dan harus dipenuhi oleh ibu hamil atau menyusui. 

7. Info dan jadwal senam hamil di RS
Berisikan info mengenai jadwal senam kehamilan yang biasanya diadakan di Rumah sakit-rumah sakit atau klinik2 yang ada di sekitar pengguna. 
Ditujukan khusus ibu2 hamil yang ingin sehat dan terbiasa dengan senam2 selain kehamilan sebelumnya.
Sehingga diharapkan dapat membantu memudahkan proses persalinannya nanti.

8. Forum
Tempat untuk saling tanya jawab dengan dokter kandungan se-indonesia. Sehingga memudahkan ibu hamil mendapatkan informasi sebaik2nya tentang segala hal yg dialami selama proses kehamilan, melahirkan dan menyusui

Dari delapan isi aplikasi tersebut, maka akan dikelompokkan menjadi 5 icons dengan inisial.

Icon-icon tersebut adalah :

1. A untuk Address
Berisikan alamat RS, tempat dokter kandungan, juga klinik2 laktasi serta alamat2 keberadaan komunitas Aimi terdekat.

2. C untuk Counting
Berisikan perhitungan HPL dan juga kalori atau asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui setiap harinya

3. F untuk Forum
Berisikan forum tanya jawab sesama pengguna aplikasi ini plus dengan dojter kandungan di seluruh Indonesia

4. S untuk Schedule 
Berisikan jadwal. Baik jadwal praktek dokter kandungan maupun jadwal senam hamil di beberapa RS terdekat dari pengguna.

Demikian ide untuk aplikasi IW-care ini. Bagi siapa saja yang mungkin punya ide yg lebih menarik dari ini bisa banget kalau mau ikut ajang IWIC ini DISINI ya.

Di ajang ini kamu bisa menuangkan ide/aplikasi keren, kreatif dan inovatif demi kemajuan Indonesia sekaligus memenangkan hadiah dari Indosat ooredoo iwic



Ditunggu ya, partisipasinya.
Salam.

5 comments:

  1. Di semarang ada aplikasi smc telogorejo udah ada komplit jadwal dokter dll. 😀, bisa diinstal di hp 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengene gak tlogorejo aja mbavit. Bahkan ke RS2 daerah2 lain. Terutama mencakup hingga ke daerah2 kecil juga. Hehe

      Delete
  2. Wah keren ya aplikasinya bermanfaat banget buat bumil

    ReplyDelete
  3. aku kok baru tahu aplikasi ini...penting banget nih tfs ya

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email