Tuesday, 13 February 2018

RESOLUSI 2018 ALA BUMIL SEHAT CERIA


Tahun 2018 kali ini adalah tahun yang istimewa bagiku. Karena alhamdulillah di akhir tahun 2017 yang lalu Allah SWT berkenan menitipkan amanahNYA untuk yg ke lima kalinya di rahimku.
*sujud syukur*

Dan sesuai dengan tema #arisanbloggandjelrel yg ke 20 dari blogger kantoran Mbak Lestarie alias Taro dan Gandjel rel kali ini. Maka pada artikel ini aku akan menuliskan resolusi 2018 ala bumil sehat ceria. (Sengaja di tambahin sehat ceria biar jadi sugesti positif aja ya manteman. Hihihi)

Resolusi tersebut adalah :
1. Mengurangi stres
Ini hal yg paling fundamental bagiku. Karna jujur saja aku tipe pemikir akut. Apa 2 dikit di pikir. Jadi jangan heran kalau tubuhku tipis minimalis begini ya? Wkwkwkwk.
Untuk kehamilan kali ini maka begitu tahu dari awal kalau aku positif. Aku mulai melakukan sounding pada diriku sendiri. Dengan melakukan meditasi ringan ala-ala aku sendiri. Caranya? Cukup duduk bersila setelah sholat. Menundukkan kepala dan "seolah" bicara pada semua anggota tubuh. Bahwa "kami" akan baik-baik saja. Bisa melewati 9 bulan kedepan dengan sebaik2nya.
Entah cara ini benar atau salah. Tapi hasilnya di trimester pertama aku hampir jarang sekali mengalami mual dan muntah. Cuman lemas yang masih saja sering timbul tenggelam.
Kepikiran pengen ikut yoga. Tetapi di daerahku masih sangat langka ada yoga. Jadilah aku meditasi ala-ala seperti itu tadi.

2. Lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan.

Di kehamilan sebelum2nya, aku sebenarnya juga suka sayur sih. Tapi masih ga begitu. Tapi di awal kehamilan akhirnya mencoba mensugesti positif dengan makan sayur sehari. Meskipun cuma semangkuk kecil. Padanannya ati dan rempela ayam dan jus alpukat. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi dan asam folat bagi janin.

Untuk buah2an. Setiap hari mulai nyetok di kulkas. Dari buah naga, apel, jeruk, sampai buah favorit sirkaya. Kebetulan sedang musim. Jadi setiap hari bisa pesan tukang sayur buat bawain 😉 *alhamdulillah. Rejeki bumil solekhah*

3. Mengikuti nasihat dokter dan semua petuah "orang tua"

Dari dokter sendiri sih tidak banyak nasihat ya. Cuman disuruh untuk menghindari makanan setengah matang alias makanan serba di bakar seperti sate, ataupun ala hotplate seperti steak. Makanan mentah seperti lalapan. Juga dilarang untuk mencuci daging mentah.

Selain tentang makanan, aku juga mengikuti perintah dokter untuk cek hemoglobin dan darah. Dan alhamdulillah hasilnya baik.

Berkaitan dengan perintah orang tua, ibuku pada khususnya. Aku tidak diperbolehkan untuk makan makanan hewan yang punya "senjata" seperti kepiting, lele, cumi, udang dsb. Padahal seafood kan kesukaanku banget. Tapi daripada nanti kalau ada apa2 disalahin. Jadi mending ikut aja deh ya.

4. Lebih bisa mengukur diri sendiri
Lebih bisa mengukur diri sendiri ini maksudnya bisa lebih tau kapan waktunya istirahat. Kapan waktunya badan bisa diajak lebih banyak bergerak.
Hal ini karena di awal hamil entah minggu yg keberapa aku sempat jatuh dari naik motor. Karena sempat mengalami lemas sebelumnya. Dan mungkin agak sedikit maksa buat pergi naik motor.
Oleh karena itu untuk sementara waktu terpkasa deh untuk menempuh jarak ke sekolahan sejauh 36 km, akupun naik bus.

5. Lebih rajin minum susu dan tidak boleh absen minum vitamin
Yang ini mah selalu jadi prioritas utama. Untuk melengkapi nutrisi tubuh, setiap hari akupun selalu rajin minum susu minimal 1 gelas sehari. Plus minum sanvita b. Vitamin bawaan dari dokter kandunganku. Wajib!

6. Mencari lebih banyak info soal kehamilan. Terutama referensi berkaitan dengan operasi caesar yang akan kujalani nantinya.
Alhamdulillah sekarang makin mudah mencari i formasi seputar kehamilan. Selain lewat mesin pencarian di simbah paling pinter sedunia alias mba google, info bisa kita dapatkan melalui aplikasinya.

Seperti aku yang saat ini menggunakan beberapa aplikasi, seperti teman bumil, hallo bumil, amalan bumil, doa bumil (hihihi. Lumayan banyak ya?)

7. Memperbanyak doa dan mempersering sholat malam.
Yang ini tentu saja selalu jadi andalan. Memperbanyak doa membuat hati jadi tenang dan tentram.

Itulah resolusi tahun 2018 ala bumil sehat ceria ala aku ya.

Salam.

2 comments:

  1. Sehat selalu ya bumiil, iya pikiran kudu rileks dan kurangi banyak pikiran gak perlu..

    ReplyDelete
  2. Sehat selali ya bumil. Lancar terus aamiin. Jgn banyak pikiran. Ceki wag aja biar haha hihi hepi terus hihihi

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email