Friday, 27 November 2020

20:42 0 Comments

Haloooo, Assalamualaikum...

Sudah lama sekali rasanya gak nulis di blog, yach. Sebagai sebuah refreshment, untuk pembuka kali ini aku mau bahas soal rumah tangga dulu, laa yaa... Entah kenapa rasanya dari kemarin kok kepikiran pengen nulis ini🤭

Btw, mau tanya dulu donk, siapa sih yang gak pernah ngerasa bosan dengan hubungan rumah tangganya? Kalau gak pernah, selamat ya!

Bicara soal rumah tangga otomatis bukan hanya bicara tentang satu orang lo ya. Karna rumah tangga itu dibangun oleh dua orang yang mau terlibat didalamnya. Ibarat pepatah "It always takes two to tango". Rumah tangga hanya akan berjalan dengan baik, jika keduanya mau saling mengisi dan terlibat dalam segala hal yang ada dalam rumah mereka.

Dan semuanya tak selalu berjalan mulus, akan selalu ada masalah. Entah usia rumah tangga 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun maupun berpuluh-puluh tahun pun akan selalu ada masalah yang menjadi ujian. Selama masalah itu masih bisa diatasi dengan komit berdua, insyaallah biduk rumah tangga akan terselamatkan.

Nah, salah satu masalah yang "sering" muncul adalah timbulnya rasa jenuh atau bosan. Entah rasa jenuh  terhadap pasangan, terhadap rutinitas hubungan ataupun bosan dengan masalah yang sama dan tak kunjung usai karna tak ada penyelesaian.

Ketiga masalah itu kuncinya  sebenarnya ada pada komunikasi. Dan yang harus kita tahu adalah gaya komunikasi pasangan. 

Disini saya tidak akan membahas dua masalah terakhir, ya. Yang akan saya bahas adalah berkaitan dengan rasa bosan terhadap pasangan. 

Menyadari kalau tak ada pasangan yang sempurna adalah koentji, agar kita tetap  mau berusaha menjaga agar hubungan tetap berjalan dengan baik. Dan yang bisa dilakukan ketika sedang berada di titik jenuh tersebut adalah :

1. Me-Time.

Yaelah, uda bosan malah me-time? Hehe. Jangan salah, me-time ini berkaitan dengan self-love. Menjaga mood agar tetap baik itu penting,loh. Agar kita tidak melakukan tindakan yang ujung-ujungnya akan membuat kita menyesal seumur hidup.

Silakan melakukan hal yang menurut kita bisa menambah mood baik dengan hal-hal yang kita senangi. Bertemu teman, melakukan hobi, mengkonsumsi makanan/minuman favorit kita atau apapun hal yang menurut kita bisa membuat happy adalah solusi.

2. Melakukan refleksi diri

Kalau sudah me-time dan merasa happy, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah melakukan refleksi diri. Coba tanya diri sendiri dulu, apa sih yang membuat kita bosan terhadap pasangan. Bisa jadi mungkin sebenarnya kita hanya butuh pelukan, butuh didengarkan, rindu sesuatu yang berkaitan dengan pasangan  atau ada hal-hal yang sebenernya kita ingin lakukan berdua dengan pasangan namun tidak tersampaikan. 

Kalau sudah bertemu akar masalahnya, selanjutnya adalah :

3. Komunikasikan dengan pasangan.

Coba komunikasikan ke pasangan berkaitan dengan perasaan dan keinginan kita. Dan cari solusinya. Bahkan apabila salah satu solusinya adalah untuk tidak bertemu dulu sementara waktu, coba komunikasikan. Apa yang harus dan bisa dilakukan oleh pasangan untuk membantu. Usahakan dalam mencari pemecahannya yang win-win solution ya. Yang sama-sama bisa bikin happy. Sehingga kita bisa tambah mesra setelah bisa melewati rasa bosan.

4. Mengisi tanki cinta dengan penuh di hati

Tanki cinta? Apanya tanki minyak? Hehehe. Tanki cinta itu ibaratnya sebuah wadah yang berisikan segala hal yang membuat kita jatuh cinta kepada pasangan. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengisi tanki cinta ini. Bergantung pada kebiasaan masing-masing. Yang bisa dilakukan antara lain :

a. Melakukan kebiasaan lama seperti saat pertama bertemu pasangan

Masih ingat gak sih, momen-momen yang bikin deg-degan waktu bertemu pasangan? Coba sekali-kali kita mengulang kembali saat-saat itu.

Datang diam-diam ke kontrakan/ kantornya untuk membawakan makanan kesukaan contohnya. Atau mengajak bertemu ditempat pertama  bertemu juga bisa jadi pilihan. 

b. Merekam 

Merekam semua gerak-gerik pasangan. Dan lalu temukan hal yang membuat kita jatuh cinta. Entah caranya ketika tersenyum, manyun, bertingkah seperti anak kecil, atau apa saja yang membuat kita dulu bisa jatuh cinta padanya.

c. Mendengarkan lagu

 Biasanya...((biasanya)) nih kita punya lagu kenangan bersama pasangan kan ya? Entah lagu ketika resepsi pernikahan, lagu yang pernah dikirim/dinyanyikan pasangan kekita. Atau bahkan lagu yang tidak sengaja kita dengarkan ketika sedang makan berdua di warung makan langganan (eciye...).

Kalau tidak punya bisa juga mendengarkan lagu mellow bertemakan cinta yang sesuai dengan perasaan kita.

Coba deh dengarkan lagu tersebut kembali. Dan biarkan ingatan kita kembali melayang pada saat-saat indah bersama pasangan. Langsung auto mata dan hati kita berflower-flower jadinya.

Nah, kalau tanki cinta kita sudah kembali full, maka hal terakhir yang harus kita lakukan adalah :

5. Bersyukur

Mencoba mensyukuri bahwa sampai saat ini masih ada seseorang yang berada di samping kita. Masih bersedia menemani kita melihat tumbuh kembang anak-anak berdua. INsyaallah akan membuat kita kembali ke sebuah kenyataan bahwa Tuhan yang Maha baik sudah mengirimkan malaikat terbaikNYA.  Dan tugas kita adalah menjaga pernikahan hingga ke jannahNYA.

Insyaallah. Aaamiin allahumma aamiin.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Wassalamualaikum wr.wb

Wednesday, 25 November 2020

CERPEN TEMA PENDIDIKAN DAN PERSAHABATAN : HP UNTUK ALIN

17:54 1 Comments

HP UNTUK ALIN

Alin tampak gelisah. Diliriknya HP yang layarnya sudah tergores itu dengan hati yang sedih. Betapa tidak? Itu HP satu-satunya di rumah. Yang membantu dirinya dan Lisa, adiknya untuk mengerjakan tugas daring dari Sekolah.

Tiba-tiba ingatannya menyeruak. Bagaimana dia dengan teledornya menyenggol air minum yang berada di dekat Hp itu terletak.  Menyebabkan hp itu mati tak mau lagi menyala. Entah sudah berapa kali Alin  mencoba untuk menghidupkannya. Untuk beberapa detik, badannya jadi kaku. Lidahnya pun kelu. Tak mampu berteriak. Takut dimarahi Bapak.

Alin bersegera memasukkan HP itu ke kamarnya. Dengan sedikit seringai ke Lisa, mengancam agar Lisa menutup mulutnya. Tak mencoba mengadu pada Bapak, juga Emak. Dan lalu mencoba berusaha mengarang cerita agar Bapak dan Emak maklum dengan keteledorannya. Namun tak sepatah katapun keluar dari mulut mungilnya itu. “Hhhhhhhhh”, desahnya. Deadline nya cuman sampai sore ini. Sebelum Bapak dan Emak sampai rumah.

“Aaaaliiin…”, tiba-tiba terdengar suara yang sangat ia kenal. Itu pasti Martha. Alin pun bergegas keluar dan menyambut Martha didepan rumah. Entah darimana, tiba-tiba terbesit satu ide di otaknya.

“Martha, udah ngerjain tugas Bu Ersa belum?, tanya Alin lirih. Yang ditanya cuman menggeleng. “Kalau begitu kita kumpulin teman-teman, yuk. Kita kerjain bareng biar cepat selesai”, sambungnya lagi.

“Iya deh yuks”, jawab Martha yang kali ini terlihat ikut bersemangat.

Jadilah Alin dan Martha pergi ke rumah Davino. Sesampainya di rumah Davino ternyata di ruang tamu sudah ada juga Lenon dan Andra yang sedang mabar game Among Us.

“Vino, Lenon, Andraaa… kita kerjain tugasnya bu Ersa sama-sama yuuk”, teriak Alin. Sontak ketiga orang yang namanya disebut itu menoleh. Tapi untuk sepersekian detik kembali asyik menatap layar HPnya. Alin kecewa. Diraihnya koran yang ada di atas meja. Dibentuk sebuah terompet dan menempelkannya ke telinga kiri Andra. “Woooooiiii”, teriaknya.  Andra seketika berdiri dan hendak marah. Tapi Alin menampakkan segera tersenyum dan menampakan wajah tanpa dosa.

“Andra, bantu kerjain tugasnya Bu Ersa, donk”, bujuk Alin.

“Gak mau ah, aku kan lagi main ini”, katanya sembari menunjuk ke HPnya. 

“Ah, Andra gak seru!”, sahut Alin sembari menarik tangan Martha menjauh dari rumah Davino.

Mereka berdua bergegas kerumah Ratih. Sebelum sampai di rumah Ratih, Alin meminta Martha untuk menghampiri Rinda lebih dulu.  Kebetulan rumahnya selisih empat rumah sebelum rumah Ratih. Alin berjanji untuk menunggu Martha di rumah Ratih.

Martha pun mempercepat langkahnya. Tak sabar dia menemui Rinda. Bayangan selesainya tugas Bu Ersa yang banyak itu  menari-nari di matanya. “Assalamualaikum”, sapa Martha ketika melihat Bu Aryo, Ibu Rinda.

“Eh Martha, mau nyari Rinda ya?’, sapa beliau ramah.

“Iya, tante. Rindanya ada?”, jawabnya cepat

“Ada. Bentar, ya. Tante panggilkan dulu”.

Tak seberapa lama tampak Rinda dengan senyum ramahnya  menyambut Martha.

“Hai Martha, Ada apa ih?, katanya kemudian.

“Ini Rinda, alin dan aku mau ke rumah Ratih buat ngerjain tugas Bu Ersa. Kamu mau gabung nggak?

“Aku udah kerjain sih, tapi baru separuh. Hmmm gimana ya? AKu bilang Ibu dulu ya, Martha?”

“Iya deh, aku tunggu disini ya”

Rinda pun bergegas masuk dan bertanya pada Ibunya.

Tak seberapa lama, tampak Rinda membawa tas kecil berisi beberapa buku dan HP ditangannya.

Martha merasa lega. Tidak sia-sia mengajak Rinda, anak paling pintar dikelasnya. Mengingat itu, Martha jadi senyam-senyum sendiri sepanjang perjalanan ke rumah Ratih.

***

Alin melambaikan tangan ketika melihat sosok Martha dan Rinda dihalaman depan rumah Ratih. Sang empunya rumah sudah siap dengan buku yang berjajar di meja depan tempatnya duduk.

“Yuks, kita mulai”, kata Alin. “Rinda dan Ratih yang nulis dan cari di buku. Nanti aku sama Martha yang nyari di internet ya”, tukas Alin memberikan instruksi.

Tapi, aku pinjem HP nya ya, kata Alin.SEtelah keempatnya setuju, Rinda mengulurkan HP nya kepada Alin. Dan mulailah mereka sibuk mengerjakan tugas berempat.

Tak lebih dari setengah jam, Ibu Ratih keluar membawa minuman. Tentu saja keempat anak tersebut bersorak senang. Setelah mengucapkan terimakasih, masing-masing bersegera mengambil jatah minumannya. Segelas es sirup leci. Segar!

Akhirnya, setelah beradu argument dan sesekali diselingi cerita juga tawa lepas,  tugas yang mereka kerjakanpun selesai juga. Tampak keempatnya tertawa puas.

“Wah, gak terasa udah mau jam lima, nih. Aku mau pulang, ah”, kata Martha. Yang lain ikut melirik jam dinding di tembok rumah Ratih.

“Iya, aku juga mau pulang. Tadi cuman ijin Ibu sebentar”, Rinda ikut menimpali.

Ketika Ratih dan Rinda merapikan buku, Martha dan Alin tak lupa meminjam buku catatan mereka.

“Oh iya, ini HP nya”, ucap Alin sembari menyerahkan HP Rinda. 

Rinda segera pamitan setelah memasukkan HP dengan tergesa di tas yang penuh dengan bukunya itu.

Martha juga ikut berpamitan. Sedang Alin, dia tidak jadi pulang karena hendak mencatat di rumah Ratih saja. Sebenarnya bukan itu alasan sebenarnya. Alin takut pulang. Alin takut kalau nanti sampai dirumah, Lisa sudah mengadu pada Emak dan Bapak perihal HP nya yang rusak.

Sebentar lagi Maghrib, Alin menyudahi pekerjaanya. DIa merasa tidak enak. Dengan terpaksa Alin pamit pulang. Ketika dijalan, dia melihat ada sesuatu benda yang berkilat didekat rumah Ratih. Dipungutnya benda berbentuk kotak itu. Jantungnya berdegup kencang. Itukan… HP Rinda yang dipinjamnya tadi! Alin mencoba melihatnya lebih detil. Dan dia ingat betul dari casing HP yang ada gambar foto Rinda dibelakangnya. Ternyata tidak bisa dinyalakan. Baterai HP itu habis. Alin bermaksud akan mengembalikan, tetapi salah satu sisi hatinya berkata “jangan”. Otak jahatnya tiba-tiba ikut ambil bagian. Kenapa tidak ia jual  saja HP itu di counter Mas Aan untuk menukarnya dengan HP yang sama dengan miliknya. Agar tidak ketahuan Emak dan Bapak.

“Ah, Iya! Benar sekali”, teriak hatinya dengan gembira. Lalu Alin memasukkan HP itu kedalam sakunya. Ia sempat melirik jam di tangannya. “Rinda sedang sibuk sholat dan mengaji bersama orangtuanya pasti, jam segini”, batin Alin. Sebelum Rinda menyadari HPnya tidak ada dalam tas dan menyusuri jalan ini, Alin pulang dengan tergesa.

Ada rasa tak tentu dihati Alin. Antara senang, cemas, takut dan juga was-was. “Assalamualaikum,” sapa Alin begitu masuk rumah. Ada suara khas Bapak yang menjawab salamnya. Hatinya semakin tak karu-karuan.

“Kok baru pulang. Darimana saja, Alin?” Tanya Emak yang tiba-tiba sudah ada didekat Bapak.

“Mmmmm,,ini Bu. Belajar Kelompok bersama Martha”, jawab Alin sembari memamerkan buku dan kertas sobekan catatan tugas Bu Ersa kepada Emak. Ibunya tersenyum lantas memerintahkan Alin untuk sholat Maghrib segera.

Alin baru akan salam ketika mendengar Lisa datang dan teriak “Emaaaak, tadi Mba Alin tumpahin air ke HP. Hpnya jadi rusak”.

Alin ta berani beranjak dari tempatnya shalat. Emak sudah pasti mendekat, juga Bapak.

“Didepan pintu, Emak sudah tampak menunggu jawaban Alin.

“Bener, Nduk?”, Tanya Emak.

Alin ketakutan, tapi kemudian berusaha menjelaskan ihwal bagaimana tadi HP itu bisa terkena air.

“Maafkan Alin, Mak. Alin tidak sengaja. Alin teledor. Alin siap dimarahi Bapak”, katanya setengah terisak.

Bapak yang mendengar percakapan dibelakang Emak lalu masuk kamar. Tampak beliau mengehla nafas panjang sebelum berkata : “Ya sudah, gakpapa. Yang penting Alin sudah menyadari kesalahan. Tapi janji ya, Nduk,lain kali kalau punya HP lagi, dihati-hati. Bapak belinya susah”

“Maksudnya lain kali, Pak?” Alin mendongakkan sedikit kepalanya berusaha melihat Bapak.

Bapak mengeluarkan sebuah HP jadul yang masih tampak baik itu dari sakunya. “ini, kebetulan tadi Bapak dikasih harga murah dari Mandor, Bapak. Sedianya mau ganti beliin adikmu biar kalian tidak rebutan mengerjakan tugas sekolah”, kata Bapak lagi.

Alin segera menghambur ke pelukan Bapak. “Jadi? BApak tidak marah? Alin boleh pakai HP lisa juga kan, Pak?’, sahutnya manja.

Bapak mengangguk. Sontak Lisa melebarkan kedua tanganya bersiap memeluk Bapak. Emak dan Lisa ikut tertawa melihat tingkah Alin.

“Terimakasih ya, Pak”, kali ini Lisa ganti ikut menghambur ke pelukan Bapak.

Alin lega dan senaaang sekali. Tiba-tiba dia teringat akan HP Rinda. Alin  berjanji setelah ini akan bersegera pamit untuk pergi kerumah Rinda. Lalu mengembalikan HP yang tadi akan dijualnya untuk mengganti HPnya yang rusak.

***

Wednesday, 10 July 2019

MEDELA, SOLUSI BUSUI MASA KINI

10:57 3 Comments

Kalau ditanya saat saat apa sih yang menyenangkan setelah menikah? Mungkin jawabanku adalah "saat2 hamil dan menyusui".

Kenapa? Ya karena hamil dan menyusui bagiku adalah dua keajaiban dunia emak2 sejagad raya.
Bayangin ada yg bergerak2 di perut kita dan tenang kembali setelah merasakan elusan tangan kita, rasanya ajaib sangat.
Belum lagi ketika menyusui, merasakan PD yg membengkak krn air susu penuh, dan keluar tanpa ada habisnya. Allahu akbar. bagiku itu benar2 suatu keajaiban dariNYA.
.
Dan alhamdulillah setahun terakhir ini aku mengalaminya lagi. Setelah sebelumnya aku hamil ditahun 2014 yg lalu dgn riwayat bayi yg meninggal stlh dilahirkan.
Otomatis aku seneng banget donk ya. Dikasih kepercayaan lagi. Bersyukur si kakak punya sodara, gak sendirian aja.

Dan di kehamilan kelima ini alhamdulillah ASI masih tetap mengalir. Meski tidak lagi sebanyak dulu, entah kenapa.
Tapi tetap kuberusaha donk untuk selalu mengASIhi bagaimanapun caranya.
Karna dlm alqur'an pun disebutkan bahwa ASI itu hak anak. Yg diberikan sampai usia 2 tahun.
.
Cuman yaa ternyata oh ternyata ga semudah mengASIhi si kakak dulu.
Air susu tumpah2. Kalau yg sekarang si adik maunya cuman single breast. Krna anaknya cuman mau disusuin pakai salah satu PD aja. Gak mau gantian. Alhasil yg satu beneran gak keluar deh.

Udah diusahain dr minum jamu, minum pil, biar ga ngadat tetep aja gabisa.
Dan akhirnya, harus maksa dipompa. Jadi ga berat sebelah deh *kek timbangan aja ya*.

Dengan dipompa alhamdulillah bisa keluar sih sedikit2. Tapi agar produksi ASI tetap lancar harus terus dipompa kan ya. Akhirnya carilah referensi breast pump yg pas dan cocok dihati.

Adalah HARMONY breast pump dari Medela ini akhirnya yg bisa membuatku jatuh hati buat kembali pumping untuk si adik.
Kenapa?
1. Si pompa ASI harmony ini memiliki kelebihan lain dari yg lain. Yaitu mempunyai 2 phase expression technology. Alias teknologi ekspresi 2 fase. Teknologi yg dirancang dengan meniru irama mengisap alami bayi. Yaitu merangsang dan menghasilkan ASI.  Tinggal ditarik di tuasnya. Untuk gerakan yg pendek itu untuk merangsang, dan gerakan lebih panjang, itu untuk menghasilkan ASI.  Jadi dengan memakai pompa ASI ini bisa lebih cepat dapat ASI yg banyak dalam tempo yg sekejap. Geto!


2. Mampu mengatasi rasa traumaku dr drama mengASIhi. Drama mengasihi? Iyesssh,, temennya drama korea *halah*
Jadi aku dulu pernah ngerasain pakai breast pump biasa yg kalo dipakai itu dibagian niple nya sakiit banget. Pernah sampai lecet dan berdarah2 gt. Pas dipompa, tiba2 air susunya ada warna merah krn kecampur darahnya itu. Dan aku trauma banget. Masih ngilu bayangin perihnya saat itu.
Kalau pakai medela ini aku ga ngerasain itu sama sekali. Bahannya kelihatannya aga keras di luar tp dia "lunak" kalem banget didalem. Jadi ga nyakitin si nipple gitu di aku. 
Dengan posisi nipple yg pas, alhamdulillah ASI kembali mengucur.


3. Mudah cara menggunakannya.
Medela ini anti ribetribetclub. Alias gampang banget pemakaiannya. 
Namanya juga menjadi ibu baru yekan? Males banget sama yg ribet2. Nah medela ini didesain dengan sangat simpel. Mudah dirakitnya dan gampang sekali digunakan. 
Jadi ada beberapa bagian dari breast pump harmony dari medela ini yg emang harus dirakit dulu. Tapi ya ga ribet gt. Gak ada satu menit juga bisa. Bahkan si kakak pun bisa bantu juga masanginnya kalau habis di cuci.


4. Gak berisik, kayak aku. Wkwkwkwk.
Jadi aku pernah loh punya breast pump yg kalo pas ngepump gitu bunyi. Udah tau bunyi akunya lupa. Udah susah2 nidurin bayik. Eh, mau nyuri start buat pumping, bayik jd kebangun karna denger bunyi breastpump nya. Hhhhh, kan KZL.
Nah, kalau medela ini soft banget. Ngepump dideket bayi yg sedang tidurpun jadi gak ganggu. Alhamdulillaah.


5. Modelnya eye catching, and friendly travelling.
Jadi, si harmony breastpump ini modelnya elegan banget menurutku. Dari luar aja uda keliatan banget bukan pompa ASI yg "murah", dan buat yg sering berpergian, ini gampang banget dibawanya. Ringan dan gak banyak makan tempat.
Cuman ya harus hati-hati banget. Karena terdiri dari beberapa komponen, jangan sampai ada yg terlewat/hilang. *semacam pengingat bagi org teledor macam aku*😅😂



Btw, yg terpenting, pada akhirnya "drama" mengASIhi tanpa bikin nipple lecet-lecet sudah ada solusinya.

Aman sih, sampai pada akhirnya usia baby Than ke 10 bulan ini. Doski lagi tumbuh gigi. Walhasil, suka gt mulai gigit2 puting. Pas yg muncul dua dibawah sih engga kerasa ya. Giliran nongol juga dua biji diatas. Ampppuuuuun. Senut2nya sampai ke otak. Hahahaha.
Entah dasarnya baby Than yg iseng apa emang smua bayi gitu ya? (Coz waktu si kakaknya aku gak ngalamin ini), baby Than kayak sengaja gitu. Apalagi kalo denger aku jejeritan. Makin semangat gigitnya. "Hwaaaaa....".

Dan bener aja, sampai kayak ada lecet2 di nipple ku gitu. Yg bikin sakit. Sampai nahan nafas, kalau baby Than pertama kali nyedot. Sampai bingung mau diobatin apa. Waktu nanya ke apotik, ada sih obatnya. Tp waktu aku nanya, ada jaminan aman gak kalo ga sengaja ketelan bayi. Mbak2 apoteker itu menggeleng.
Yasudah, gakjadi belilah. Soalnya aku takut pas habis diolesin baby Than minta nenen, tanpa sempat melap bekas krimnya. 

Ternyata waktu browsing, nemu krim buat nipple yg kering, pecah2 atau lecet2 (seperti yg aku alami pasca digigit baby Than😂😂 )

Yaitu, PURELAN. Dan ini ternyata produk dari medela juga. Hmmm, keren ya medela. Saat itu juga aku pakai sih. Saking senengnya bisa nemu "obat". Aku olesin di bagian put*ng. Pas pertama kali dioles, biasa aja. Cuman Baby Than habis itu gamau nyusu barang sebentar. Mungkin dia ngerasa ada yg aneh apa ya. Tapi gak nangis juga sih. Gak yg langsung brenti nyusu sampai lama. Udah minta nen lagi. Jadi aku mikirnya aku pakainya kebanyakan kali ya😅😂 saking semangatnya.


Akhirnya pas malem aku oles lagi tapi tipis2. Dan baby Than tetep nyusu sambil merem. Alhamdulillah aman.
Kurang lebih 4 kali aku pakai sih, alhamdulillah aku ga ngerasa ada yg cenat cenut lagi di bagian nipple. Malah udah lupa kalau kemarin2 itu sempat yg ngerasain kesakitan. Hahaha.



Oiya, purelan ini teksturnya lembut dan karena bentuknya krim, aku mengira itu bakalan lengket. Tapi ternyata tidak. Gak ada bau juga macam obat gitu. Jadi itu juga kali ya yang bikin bayiku jadi mau tetep nenen meski nen-nya udah habis dioles krim😊

Jadi buibu, wabil khusus ibu menyusui masa kini. Silahkan yg punya drama-drama mengASIhi seperti diatas kayak aku, jangan bingung. Karena sudah ada MEDELA solusinya ya! Untuk harga, insyaallah sebanding lah dengan kualitasnya. Bahasa kerennya "WORTH IT" gitu yaaak.

Salam.





Tuesday, 7 May 2019

Cari tempat bukber asyik di Purwodadi? Cek disini yuks!

10:00 2 Comments

Hai..hai..hai.. udah mulai puasa lagi ya. Seneng banget gak sih? Bagiku, bulan puasa itu selalu ngangenin. Coz suasananya pasti bakalan beda dibandingkan bulan2 yg lain. Dari mulai sahur, sholat shubuh berjamaah di masjid simpang, puasa, berbuka, tarawih, tadarus. Aaaahhh, kurindu semua itu!
Sayangnya, sejak menikah dan mulai hamil pertama-kelima jatah sholat subuh dan tarawihnya kebanyakan di rumah. Ya gakpapa juga. Momen mengandung dan momong anak, termasuk ibadah juga kan ya. Hehehe. Aaamiin.

Daaannnn, ngomong2 soal berbuka nih. Ada beberapa tempat favorit yg menurutku asyik banget buat berbuka di kota kelahiranku tercinta, Purwodadi.
Karena tinggalku di daerah seputaran Simpang Lima. Jadi aku kupas yg deket2 dari tempatku tinggal aja ya.
Tempat bukber asyik itu diantaranya :

1. Ayam bakar Pak Djamin (Noroyono)
Ayam bakar yg satu ini legendaris sekali di kota kami. Dari waktu aku puasa jaman kecil dulu. Warung pak djamin cuman berupa warung tenda layar biru. Dan letaknya mepet sama masjid Jabalul Khoir Simpang Lima. Tempatnya pun cuman kecil. Mepet tembok gitu seingatku.
Makanya waktu tadarus di masjid, sambil nunggu berbuka tak ayal perut yg keroncongan tambah keroncongan karna bau asap ayam bakar pak Djamin ini. Hahaha.
Sekarang jangan tanya ada berapa cabangnya ya? Seingatku di Purwodadi kota ada dua, tambah kedai cangkir berarti tiga. Di gubug ada satu, di wirosari ada satu. Ehm, dimana lagi ya? (Eh, malah ngitung kekayaan macam KPK aja aku ini ya? Hahahahaa).
Yang jelas, emang ayam bakar ini enak sekalee sih. Rasanya khas banget. Ditambah sambalnya. Citarasanya gak ada yg ngembarin. Ada dua jenis sambal. Yaitu sambal mentah (ada irisan jeruk nya) sama sambal saus (tapi bukan saus tomat ya. Teksturnya cuman lebih encer gitu).
Untuk menu gak cuman ayam bakar ya, ikan bakar, gudeg komplit, ca kangkung juga ada. Snack khas purwodadi juga ada. Nah lo, komplit kan?
Areanya pun luas. Mau bukber sendiri, berdua, bertiga, sekeluarga, bahkan sekampung juga bisa. Soalnya mereka nyediain aula juga. Lengkap dengan sound system nya.

Dan lagi yang aku senangi kalau bukber disini adalah ada musholanya! Jadi sambil nunggu makanan datang bisa sambil antri sholat maghribnya dulu aja deh.

2. Bali nDeso Resto and coffee
Terletak di jalan hayam wuruk, resto yg satu ini lagi naik daun. Kenapa? Karna menunya yang cocok dilidah banyak orang (menurutku). Tempatnya juga sangat instagrammable. Makanannya enak, meski harganya yaa lumayan lah. Tapi sebanding lah dengan makanannya.
Menu favorit disini adalah spaghetti dan gudeg. Untuk minumnya tersedia aneka jus, es krim dan kopi!
Tempatnya buat nongkrong rame-rame dan lama-lama cocok banget deh.

Dilantai satu maupun dua, sama2 bagus interior buat pephotoan. Sayangnya pas masih hamil kesana blm ada mushollanya. Jadi kita berlima (aku dan teman2ku sholat di Musholla Taman Kota yg terletak di seberang resto ini deh. Semoga pas puasa ini sudah ada ya? Atau karna letaknya deket banget sama pintu masuk masjid Jabalul Khoir, bagus juga kalo sholatnya di masjid simpang itu aja.


3. Kedai cangkir
Ini juga masih punya pak djamin. Disini menu andalannya adalah es o te o. Alias soto! Ada soto daging dan ayam. Ada becek jg disini. Untuk minuman andalannya adalah Kloping. Alias Klopo toping. Yang isinya adalah kelapa muda, kacang merah. Ini seger juga buat pelepas dahaga pasca berpuasa seharian. Disini ada tempat wudhu dan mushollanya juga ya. Tempat makan dan area parkirnya juga luas. Dan harganya, menurutku standard banget.

4. Kuno Kini cafe
Ini tongkrongan favorit aku juga. Letaknya yg strategis yaitu di sekitaran bundaran simpang 5. Yang arah menuju ke semarang kalau dari Solo. Jadi memudahkan untuk dicari. Menu favoritku adalah empek2. Kalau dhafin sukanya kaepsi dan mendoan. Minumannya es krim dan milk shake.

Disini tersedia juga mie level, roti bakar, kentang goreng dengan bermacam2 rasa, dan bermacam2 kudapan yg enak dan cocok dilidah.
Kuno Kini ini mengusung tema retro dan kekinian jadi satu. Ada spot foto yg isinya benda2 jadul. Dan ada yg spot fotonya kekinian. Disini juga terdiri aasa dua lantai. Lantai yg atas buat yg ngerokok gt kali ya. Semi outdoor dan kalau malam asik. Bisa lihat org2 yg lagi pacaran di bundaran simpang 5 *eeehhh.

Nah, itu dia beberapa tempat favorit untuk berbuka di Purwodadi versi aku.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya. Mau bukber dimana saja jgn lupa untuk bahagia.

Salam.



Monday, 6 May 2019

Buka Puasa Ala JSR nya dokter Zaidul Akbar

00:39 17 Comments

Beberapa minggu ini, aku lagi getol sekali dengan salah satu selebgram yang selalu membahas soal JSR alias Jurus Sehat Rasulullah, yaitu dr. Zaidul Akbar.
Kalau ditanya kenapa? Ya karena postingan beliau bermanfaat sekali untuk aku.
Beliau dengan segala kerendahan hati mau berbagi resep untuk berbagai macam penyakit dengan menggunakan produk-produk Allah yang ada di sekitar kita. Bisa menggunakan buah-buah an, madu, kurma, chia seed, dan segala macam rimpang dan biji2an. Seperti jahe, serai, kunyit, biji ketumbar, selasih sampai biji alpukat di bahas kegunaannya oleh beliau.
Dan dari bermacam-macam #resepJSR yang sudah beliau share, ada beberapa resep yang udah aku cobain, diantaranya :
1. Kurma+alpukat+madu

Caranya : potong-potong kurma dan alpukat, tuang madu diatasnya.
Sarapan pakai ini selama 3 hari aefek yg aku rasakan adalah badan jadi kerasa lebih fit, enteng, gak gampang ngantuk, dan entah kenapa jadi bahagiaaaa banget gitu meski tidak ada yg sedang istimewa.
Dan ini ternyata karna efek dari alpukatnya loh. Alpukat adalah buah yg sifatnya basa atau alkali yg dipercaya bisa memberikan efek bahagia. Alpukat ini punya banyak sekali manfaat lainnya. Yg mau lengkapnya bisa intip di postingan ig @dr.zaidul akbar ya. Hihihi.

2.Infused water nanas+kurma+manggis
Caranya : potong2 nanas se bonggolnya, tambahkan kurma dan isinya, manggis dan isinya juga kedalam botol tambah air. Masukkan kulkas. Rendam selama 6 jam. Minum.
Efeknya : 3 hari berturut-turut alhamdulillah tanganku yg kesemutan buat motoran jadi ga kumat lagi. Biasanya baru separuh perjalanan udah kebas. Itu kok sampai sekolahan (yang jaraknya 18km dari rumah) aman-aman aja. Gak kerasa kesemutan atau kebas lg seperti biasanya. Subhanallahu.

3. Kurma+kismis+air matang
Caranya : dibikin infused water. Masukkan malam hari ke kulkas, paginya buat bekal ke sekolah. Diminum pas masih dingin enak. Segar.
Efeknya kata dr. Zee sih ini antiaging. Obat anti keriput alami. Jadi harus sering2 bikin ini ya. Hihihi

4. Jahe+jeniper+madu

Ini adalah menu sahurku tadi pagi. Kalau biasanya setiap sahur minumku teh hangat dan susu coklat, mulai ramadhan ini aku mau menyenangkan tubuhku dengan minuman jahe ini.
Cara bikinnya mudah banget, tinggal bikin wedang jahe segar, setelah hangat kuku masukkan jeniper (jeruk nipis peras), lalu supaya manis kasih madu. Untuk obat maag akut cocok juga loh minum ini. Dulu ak ga percaya jadi maju mundur cantik bikin ramuan ini. Padahal lo padahal jeruknipis dan madu ini jistru baiiik banget sama lambung kita. Jadi bukan bikin maag kumat justru minuman ini menyembuhkan.
Efeknya, alhamdulillah perut berasa "adem" malah. Ga kerasa perih sama sekali kaya kalau maag kita sedang menyerang.

Nah, itu menu sahurku. Kalau untuk berbuka, insyaallah mau juga ikutan resep jurus sehat ala rasulullah dokter zaidul  juga.
Yaitu, begitu adzan berkumandang minum segelas air hangat, kemudian makan kurma 7buah. Setelah itu sholat maghrib.
Habis maghrib mau bikin smoothies. Kebetulan punya stok alpukat, buah naga, pisang, kismis, kurma, chia seed.
Nanti setelah tarawih baru mau makan besar, seperti nasi (harusnya pakai nasi merah sih. Tapi aku belum bisa 😩) , banyak2 sayur. Dan buah dengan toping madu.


Sebenarnya habis makan smoothies ga perlu makan "besar" lagi ya. Tapi untuk aku yg sedang dalam masa pertumbuhan badan. Halah. Maksudnya sih pengen naikin berat badan, jadi harus ttap makan besar. Selama masih dalam "aturan" resep JSR.
Yaitu :
1.   No gulpas (lebih disarankan gula aren atau madu sebagai pengganti manis)
2. No dairy milk (susu dan semua produk turunannya)
3. No gluten (semua makanan berbahan tepung)
4. No  Gorengan
5. No nasi putih (aku masih makan ini meski porsi ya sedikit😩)

Demikian sharing aku untuk berbuka di hari pwrtama ramadhan ini ya. Kalau kamu? Iyyaa, kamu...mau berbuka apa hari ini?
Ingat sekarang bukan waktunya berbuka dengan yg manis, tp yang sehat ya!

Salam.



Sunday, 14 April 2019

Resep "ajaib" mengatasi batuk pilek pada anak bayi usia 7 bulan

09:01 3 Comments
Obat batpil pada bayi

Sebulan kemarin baby than (7 m.o), anakku, mengalami batuk pilek yg gak sembuh-sembuh. Bukan lagi hitungan hari. Tapi minggu. Tepatnya 3 minggu.

Awalnya memang karna tertular orang serumah. Ya namanya bayi yekan. Gampang banget terserang virus pastinya.
Kebetulan kakak, papah dan eyangnya yg sehari2 "momong" lagi kena batpil juga. Makanya baby than jadi ketularan.
Wajah "melas" baby Than dibawah ketiak eyangnya😥

Dalam waktu 3 minggu itu aku bahkan udah ke dokter 4 kali loh. Karna takutnya ada alergi secara riwayat keluarga papahnya yg memang alergian. Jadi manut aja waktu dikasih obat anti biotik meski sebenarnya sering banget baca kalau common cold gitu gak perlu minum anti biotik.
Tapi karna uda terlanjur panik. Gara2 ga sembuh2 akhirnya luluh juga waktu dokter anaknya nyodorin AB.
Dalam rentang  visit ke dokter selama 4 kali berturut-turut kayak naik kereta api itu, baby Than sempat mendapatkan suntik manthoux karna takut kalau ada TB sebagai diagnosa awal dokter. Selain suntikan, baby Than juga harus masuk ruang fisioterapi untuk disinar.

Selama 4 hari baby than di kasih sinar infra red buat ngeluarin grok grok di tenggorokannya.

Berhasil?
Alhamdulillah sempat sembuh juga.
Meski grok2 nya masih tetap halus dan nyaris tak terdengarrr *kok kaya iklan mobil kijang jaman dulu ya*😄
Proses suntik manthoux ditangan sebelah kanan. Alhamdulillah hasilnya negatif. Diketahui dari tidak adanya benjolan pasca suntikan.

Batuknya juga frekuensinya udah mulai jarang.

Tetapi namanya virus ya. Gak bisa dimatiin. Eh qodarullah. Baru lima hari sembuh, kakaknya yang siang itu pulang sekolah dalam keadaan demam dan batuk. Keesokan paginya, baby than ikutan juga tertular. Hhhh. Yasudah deh, mulai siaga satu kalo malam. Jagain dua anak yg sedang terpapar batuk dan demam. 

Tiga hari belum sembuh, ke dokter lagi. Dikasih Anti biotik lagi. Hiks.

Sampai pada akhirnya aku nemu satu postingan di instagram tentang batuk berdahak.

Postingan itu diambil dari akun dokter yang terkenal dengan #jurussehatrasulullah nya atau sering disingkat dengan #jsr.

Dan dari postingan itulah, aku menemukan "jurus ajaib" mengatasi batuk pilek berdahak untuk anakku yg kebetulan pada saat itu selain batpil, tiap malam badannya juga demam.

Adapun resep itu adalah : air, jahe plus madu! Sesimpel itu.

Cara membuatnya : rebus air ditambahkan dengan jahe selama 2 menit. Angkat. Tuang di gelas. Setelah hangat-hangat kuku, tuangkan madu asli (takaran sesuai selera). Lalu minum.

Hasilnya? (Karena untuk anak bayi, jadi aku yang minum)
Pasca nenen, baby than muntah. Semua yg ada di perutnya keluar.  Waktu dibersihin muntahannya, tiba2 dia muntah lagi. Karna sudah tidak ada makanan yg tersisa. Jadi yang keluar adalah riak2 yg ada di tenggorokannya.
Dan alhamdulillahirobbil alamiin. Biindznillah, pasca muntah, badannya yg sedang demam waktu itu. Langsung adem dem dem dem.

Papahnya yg dari pagi udah panik dan mengajak untuk periksa di hermina sama dokter langganannya pun jadi bisa bernafas lega.

Gak hanya itu, batuknyapun frekuensinya sudah benar-benar jadi jarang. Paling sehari satu sampai dua kali (biasanya pas bangun tidur pagi dan siang). 

Akhirnya, aku rutin mengkonsumsi jahe plus madu. Alhamdulillah, perlahan-lahan batuk baby than sudah tak terdengar lagi. Allahu akbar!

Sejak itu, aku jadi sering ngepoin instagram akun dokter zaidul akbar yang terkenal dengan hesteknya #jurussehatrasulullah atau #jsr.

Itulah tadi sharing pengalamanku ketika aku menemukan cara ajaib untuk mengatasi batpil pada bayiku.
Semoga bermanfaat ya. Mengingat saat ini batuk pilek ini memang sedang musim sekali menjangkiti. 
Bersama dokter zaidul akbar lah, aku mencoba untuk ikut kembali menggunakan #produkprodukAllah untuk mereset tubuh agar fit kembali seperti sedia kala.
Doain istiqomah yaaaa. Aaamiin aamiin ya robbal alamiin.

Salam.



Sunday, 17 March 2019

Cara mengurus STNK yang hilang

08:22 4 Comments

Beberapa waktu yang lalu atau tanggal 25 februari 2019 aku kehilangan kunci kontak motor. Masalahnya bukan hanya kunci kontak yang hilang. Tapi juga stnk di dalam dompet aksesori yang menjadi gantungan kunci. Hhh...

Urusan  kunci motor ndilalahnya masih ada kunci serepnya sih. Tapi kalau stnk? Hhmmmm tentu saja harus mengurus surat kehilangan dulu sebagai proses awal mengurus STNK yg baru kan ya.

Baiklah. Mau gak mau, suka gak suka akhirnya ke Polres Grobogan deh untuk mengurus surat kehilangan.

Dan berikut adalah cara mengurus STNK yang hilang :

1. Ke polres grobogan di Jalan gajah mada (depan SMP N 3 purwodadi)
Setelah sampai di polres. Masuk ke ruang STKP

Ini adalah bagian pelayanan terpadu. Lokasinya sekitar 200 meter dari pos pertama ketika kita masuk ke polres. 
Tempat ini adalah dimana kita akan mengurus surat keterangan kehilangan.
Adapun administrasi yg harus dibawa : KTP asli pelapor, FC BPKB dan FC KTP pemilik motor (yg namanya tertera dalam STNK).
Nanti dari sktp, kita akan mendapatkan selembar kertas keterangan kehilangan yang dipergunakan untuk mengurus surat bukti bahwa motor kita tidak sedang terlibat kecelakaan di bagian sabara.


Selanjutnya, 


2. Ke bagian sabara minta surat keterangan bhwa motor tdk melanggar/terlibat kecelakaan.


Tempatnya di polres gedung bagian tengah. Belakang ruangan pembuatan SIM.


Yang perlu dibawa adalah surat keterangan kehilangan dari sktp yg uda di fotocopy, fc bpkb dan fc ktp pemilik motor dan pelapor.



Lalu,


3. Ke reserse


Disini kita perlu membawa fc surat laporan kehilangan, fc bpkb, fc ktp pemilik motor dan pelapor.

Hasilnya adalah berupa selembar kertas bahwa motor kita bukan motor curian.

Selembar kertas itu juga sekalian buat acuan sebelum urusan di tahap berikutnya. Yaitu : bikin iklan!

4. Ke toko Laris
Toko ini terletak di depan alun2 purwodadi (pojokan) Arah ke blora/grobogan.

Ketika mengurus surat kehilangan stnk di polres, kita tidak perlu merogoh kocek sepeserpun. Tapi untuk membuat iklan baris, biayanya adalah lima puluh lima ribu rupiah. Untuk pengiklanan di radio dan koran. 
Bukti yang kita bawa adalah surat keterangan kehilangan, FC bpkb, FC KTP pemilik motor dan KTP asli kita (untuk dicocokkan) dengan nama yg tertera pada surat kehilangan.
Dari Laris, kita mendapatkan bukti berupa kwitansi pembuatan iklan di koran dan di radio Cafe FM.
Untuk kwitansi ini tidak bisa kita ambil langsung. Tetapi menunggu satu hari dulu

Nah, setelah urusan iklan beres. Paginya kita langsung bisa mengurus pembuatan STNK yang biayanya sekitar seratus lima belas ribu rupiah.

Hmmm, ribet gak sih? Makanya one lesson to learn. Don' t be careles *toyor diri sendiri*.
Emang cuman dua hari jadi sih. Tapi gak mau mau lagi deh ya.

Semoga pengalaman ini bermanfaat ya.

Salam.
rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email