Thursday, 5 April 2018

KARIMUN JAWA : ANTARA HARAPAN DAN IMPIAN YANG TAK KUNJUNG NYATA



Aku sedang semangat-semangatnya menyiapkan diri untuk ikut berangkat dalam program salah satu dosen di kampusku yang saat itu bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dalam hal tourism ketika sebuah telepon tiba2 membuyarkan segalanya.

Telpon dari kakak perempuanku satu2nya di rumah. Tentang permintaannya agar aku bersedia kembali ke rumah pasca wisuda. Menemani Bapak dan Ibu yang sudah mulai berusia senja.

Yach, namanya orang tua. Senyaman2nya dengan menantu perempuan akan lebih nyaman dengan anak perempuannya sendiri bukan? Kilahnya. 
Apalagi kakakku saat itu sudah menikah dan tinggal di luarkota. Sudah memiliki kariernya sendiri di sana. 

Sebagai satu2nya anak perempuan selain dirinya, tentu saja aku yang di daulat untuk mewakili posisinya di rumah.

Aku sempat bimbang. Karena bagaimanapun, aku tetap ingin cari pengalaman jauh dari rumah sebagaimana teman lainnya. Mengejar idealisme bahwa harus bisa jadi "seseorang" di luaran sana berbekal ilmu dari almamater tercinta. Tapi ada satu sisi hati yg seolah ikut berbicara "Siapa lagi yg akan menjagai Bapak Ibu di masa tuanya?"

Meski berat dan hati terasa ingin menangis *halah* tapi yasudahlah.
Akupun mengubur hidup2 mimpi yang kemarin rasanya sudah menari-nari dekat di pelupuk mata.

"KARIMUN JAWA". Ah, sebuah nama yang rasanya ingin sekali bisa kuinjakkan kakiku sesekali di sana.

Diantara hamparan pasir putih, yang berpadu indah dengan birunya air serta lembutnya pasir dan indahnya semesta. Hiks. Entahlah. Dari dulu aku pemuja pantai. Dibandingkan naik gunung aku lebih suka menyaksikan debur dan riak ombak. 

Oleh karena itu, ketika tema #arisangandjelrel yang diusung oleh  duo travel blogger yang namanya sudah cetar membahana. Yaitu Mara Solehah dan Erina Julia tentang destinasi wisata di Indonesia yg paling ingin sekali aku kunjungi, ingatanku terantuk pada kejadian ini di sekitar tahun 2006 yg lalu itu.

Pernah sih ngajuin proposal ke suami buat liburan kesana. Tapi yaach, karena memang suami gapernah punya jadwal libur lama jadi yaaa, belum kesampaian juga deh sampai sekarang. Heuheuuuu... *ajakin aku donk maraaaaa*

Nah, karena di Karimun itu ternyata banyak ya alokasi wisatanya.
Beberapa destinasi wisata yang ingin aku kunjungi kalau (kelak) bisa beneran kesampaian kesana, diantaranya adalah:

1. Pantai Ujung Gelam
http://www.nasirullahsitam.com/
Pantai Tanjung Gelam ini katanya sih merupakan salah satu pantai di Karimun Jawa yang dikenal memiliki spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset. 
Jika cuaca sedang cerah, pemandangan matahari tenggelam di pantai ini terlihat sangat memikat. Hmmm, mupeng banget kan ya, menikmati suasana sore disana sembari nungguin matahari terbenam  berduaan sambil minum kelapa muda yang banyak dijajakan oleh warung-warung di sekitar.
Bisa bebas bercumbu alias tjurhat mengusir segala penat yang menjerat. *hasyah*

2. Pulau Menjangan Kecil
Photo credit : adakarimunjawatours.com

Pulau Menjangan Kecil atau yang oleh penduduk aselinya sering disebut sebagai pulau MAER ini merupakan salah satu spot menarik untuk snorkeling. 

Hwaaaa, siapa sik yang gak pengen snorkeling agar bisa liat keberadaan ikan-ikan kecil dan pemandangan bawah laut di sekitar perairan Pulau Menjangan Kecil yang sudah bisa dipastikan memikat ituh?

Meski Pulau ini memakan jarak tempuh yg lumayan. Yaitu sekitar 30 menit menggunakan perahu motor dari Pulau Karimun Jawa. Di Pulau Menjangan Kecil ini sudah ada penginapan berbentuk resort yang pastinya bakalan jadi tempat asik binti romantis buat menginap bersama pasangan halal loh. Gimana? Cucok banget kalau buat hanimun kan ya? *kodekeras*

3. Pulau Cemara
Pantai Cemara ini ada dua. Yaitu pantai cemara besar dan cemara kecil. Pantai ini merupakan sebuah pulau tak berpenguhi lain yang juga sering dikunjungi oleh mereka yang traveling ke Karimun Jawa. Lokasi pulau cemara besar berada di sebelah sisi sebelah timur dari Pulau Karimun Jawa. Butuh waktu sekitar 30 menit penyebrangan dengan perahu motor untuk sampai ke pulau ini dari Karimun. Perairan di sekitar pulau ini sangat dangkal sampai-sampai perahu tak bisa bersandar di pantai.
Perahu biasanya akan bersandar di batu karang yang berada beberapa puluh meter dari bibir pantai. Di sisi sebelah utara pulau cemara besar inilah ada pulau cantik lain yang sering disebut dengan Pulau Cemara Kecil.

4. Pantai Nirwana
Photo credit : agenwisatakarimunjawa.com
Pantai Nirwana adalah salah satu pantai di Karimun yang memiliki garis pantai paling panjang. Pantai ini juga sekaligus menjadi pantai paling terkenal disana.

Lokasi pantai ini berada di sebelah timur Pulau Karimun Jawa. Kira-kira butuh waktu 15 menit untuk sampai ke pantai super cantik ini kalau dari dermaga penyebrangan ke Jepara.

Seperti namanya, suasana di pantai ini sangat indaaaaah sekali. Saking indah ya tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata. Dikelilingi oleh hamparan pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai membuat suasana disana menjadi semakin sempurna. 

Tiduran atau duduk-duduk dibawah pohon bersama pasangan dengan beralaskan pasir putih lembut bakalan jadi momen yang tak terlupakan. Atau nyebur ke air yang sangat jernih sambil bikin video klip ala2 bakalan bikin tak mau pulang kalik ya. Hihihi.

5. Pantai Segon Lele

Suasana di Pantai Sagon Lele ini juga tak kalah asik bin menarik. Di sekitar pantai terdapat gosong-gosong (gundukan pasir saat air surut) yang membuat suasana dan pemandangannya menjadi semakin ciamik. Tepian pantai ini banyak terdapat pohon palem yang menghadirkan suasana teduh. Sedangkan di bagian sebelah timur pantai terdapat batu-batu karang yang bisa dijadikan background foto. *instagramable banget la ya*

Dari pantai ini kita bisa melihat pemandangan Pulau Batu yang tampak begitu mungil di depan sana. 
Disini, kegiatan paling menyenangkan di pantai ini selain berlari2an adalah berdiri di atas beberapa gosong yang ada sembari bikin video klip india. 

Hmmm itu baru beberapa destinasi wisata yang ada di Karimun Jawa loh. Masih banyak destinasi disana yang tidak hanya berupa hamparan pantai dan pastinya bakalan seru abis buat dikunjungi seperti pulau gosong, tempat penangkaran hiu, tempat penangkaran penyu, makam klinyamatan, alun2 karimun jawa, dan lain sebagainya. Sayang belum pernah sama sekali kesana. Jadi belum banyak cerita deh. Doain aim ya manteman. Semoga biidznillah beneran bisa kesampaian kesana bersama suami dan keluarga tercinta. AAMIIN.

Salam.

Source : www.yukpiknik.com









3 comments:

  1. Akupun dah lamaaa banget pengen ke sini, belum kesampean padahal deket aja yahh

    ReplyDelete
  2. Semoga suatu saat berjodoh berkunjung dan bisa agak lamaan di Karimun yaa Mbaa

    ReplyDelete
  3. Naah..Karimun Jawa juga salah satu impianku..

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email