Thursday, 24 May 2018

Lima cara efektif untuk mengatasi rasa terpuruk



Tak selamanya kita akan merasakan bahwa hidup baik2 saja. Akan selalu ada masanya bahwa ada sesuatu yg salah dan tidak berjalan sesuai dengan ingin kita. Bahkan membuat kita merasa "down" atau terpuruk hingga beberapa lama. 

Jika sedang merasa seperti demikian. Maka hal2 yg biasa aku lakukan :

1. Merenung
Mencoba memahami apa yang sedang terjadi. Berusaha mengoreksi. Dan kemudian menyadari bahwa setiap orang pernah berbuat kesalahan. Lalu mencoba berdamai dengan diri sendiri. Itu adalah hal pertama yang akan kulakukan.

2. Curhat 
Hal yang akan aku lakukan selanjutnya adalah curhat. Sebagai seorang wanita tentunya aku butuh sesorang untuk mengeluarkan segala emosi yang mengendap di jiwa. Selalu butuh tempat untuk mengeluarkan isi hati.
Dan untuk hal ini biasanya aku curhat kepada dua orang. Kalau engga ibuku ya suami. Mereka adalah dua orang andalan yang pasti lebih tau pribadiku dan menurutku lebih "halal" untuk tahu keadaan dan kondisiku.
Tak lupa setiap sholat adalah waktu curhat yg utama. Sholat hajat atau tahajjud biasanya jadi andalan. Curhat sambil menangis diatas sajadah dan sujud panjang bakalan jadi upaya yg paling melegakan. Setelah curhat biasanya pikiran leboh lapang. Dan lebih bersemangat kembali menjalani hidup.

3. Menghimpun positive thought.
Menghimpun pikiran positif agar semangat kembali dan tidak terus terpuruk perlu dilakukan. Agar kita tidak terus terbelenggu oleh pikiran2 negatif yg akan mematikan pikiran kita.
Salah satu hal yg bisa dilakukan kalau aku biasanya mendengarkan lagu2 yang berisi pesan positif.
Seperti stay the same- joy mc.intyre, thankyou Allah- Raihan dsb.
Selama liriknya berisi motivasi dan pas suasana di hati. Biasanya langsung membuatku jadi bersemangat kembali.

4. Pergi ke tempat sahabat.
Ini adalah kebiasaan yg entah kenapa mujarobat buatku. Bersilaturrahmi ke rumah sahabat terdekatku. Terkadang hanya dengan melihat kehidupannya yg baik-baik saja. Atau mendengar ceritanya. Biasanya seperti dapat keajaiban entah darimana. Aku bisa mengambil pelajaran dari sekitar. Dan mulai mensyukuri segala sesuatu yg kumiliki sekarang. Melupakan segala keterpurukan.

5. Memperbanyak istighfar.
Masalah ada karena mungkin kita sedang banyak "kesalahan". Dan salah satu cara menguranginya adalah dengan mengucapkan banyak2 istighfar.
Agar Allah mengampuni dosa2 kita, memudahkan, melapangkan dan melancarkan semua kesulitan-kesulitan yang ada dalam hidup kita. Tidak perlu menunggu habis sholat ketika beristighfar. Di segala tempat pun bisa.

Itulah 5 cara efektif untuk mengatasi rasa terpuruk versiku. Semoga bermanfaat ya.

Salam.

#RamadanMenulis #penulis #penulisamatir #penulisindonesia #penulismuda #penulispemula #penulismudaindonesia #penulisankreatif #penulismuslimah #bukuislami #1hari1tulisan #1hari1karya #1hari1cerita #1hari1kebaikan #1hari1ilmu



No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email