Saturday, 10 November 2018

Aplikasi yang bermanfaat untuk bumil


Yeaay...finally come back again after longtime no write yesss... *lebay*. Tapi yesss udah lama banget kayaknya gak eksis di blog pasca lahiran.
Ngomong2 soal lahiran, di artikel kali ini aku mau sharing ah, aplikasi yang sudah membantu aku banget selama kehamilan.
Yah tau sendiri. Menjadi bumil ada banyak sekali kekhawatiran kan ya. Terutama aku yang menghadapi kehamilan yg kelima. Dengan riwayat SC yang keempat. Duh! Bisa jadi tiap malam adaaa aja yg di pikiran. Untunglah ada beberapa aplikasi yang membantuku mengurangi kekhawatiran2 selama hamil dari trimester pertama hingga terakhir. Maklum lah manis manis ((manis???)) begini aku juga punya insecure untuk beberapa hal dalam hidupku kan ya😆
Jadi bersyukur banget banget ketika akhirnya nemu aplikasi yang cocok ketika sedang berbadan tua eh dua😅

Adapun aplikasi-aplikasi tersebut adalah :
1. Hallo Bumil
Aplikasi ini membantuku untuk memahami perkembangan janin. Dari minggu pertama hingga terakhir. Senangnya setiap kali buka aplikasi ini akan ada pesan yg seolah2 dari debay. Tentang apa yg sedang dialaminya di dalam perut. Jadi berasa kayak udah punya bonding yang kuat gitu sama debay. Selain itu ada juga artikel2 yg bermanfaat yang akan dialami oleh bumil setiap minggunya. Uniknya kita juga bisa simpen foto hamil setiap minggu kehamilannya. Hihihi. Lucuk yaaa (fotoku?)😂🤣
Ini contoh "percakapan" dengan debay selama di perut ya. Disitu ada artikel2 berdasarkan jumlah minggu yang sedang kita alami.
Nah ini dia isi lengkap dari aplikasinya. Tinggal di klik mana yang kita ingin tau ya.
Contoh pesan yang dikirim oleh aplikasi untuk bumil. Jadi terkadang berupa pertanyaan gitu yang jawabannya ya/tidak. Dan setelah memilih salah satu jawaban biasanya akan mengarah satu artikel yang sesuai dengan jawaban kita.
Ini paling favorit. Karena di sini kita bisa menyimpan foto selama kehamilan. Dari minggu ke minggu. Keren kan ya (aplikasinya)..hihihi.

 2. Teman Bumil
Aplikasi satu ini sebenarnya mirip  sama hallo bumil sih. Ada artikel dan tips, perkembangan janin dan pwrubahan tubuh ibu. Yang membedakan disini ada ceklis buat ngecek perkembangan janin. Sehingga jadi punya daftar pertanyaan sebelum periksa ke dokter/bidan. Selain itu di update an terbaru ada juga buat record ibu dan bayi. Mengukur panjang dan berat janin. (Tapi aku belum sempat ngerasain update an yg terbaru ini sih. Udah lairan soalnya 😊)

Untuk contoh fitur di dalamnya kayak gini yaa :




3. Amalan Ibu Hamil
Di aplikasi ini kita bisa memutar ayat-ayat suci al-qur'an yang berhubungan dengan kehamilan secara otomatis.
Ada surat Alfatihah, surat Yusuf, surat Maryam, surat Lukman, surat At-Taubat, Al Hujurat dan Yaa siin.
Tak hanya bisa di perdengarkan. Tapi juga ada versi tulisan beserta artinya. Aplikasi ini membantuku ketika ingin mengaji atau "nyemak" bacaan alqur'an tanpa harus beranjak dari tempat tidur 😁
Maklum, kadang tiba-tiba ngerasa gak tenang gitu akunya. Jadi di manapun bisa lebih mudah sih. Tinggal buka hp trus cari aplikasi ini. Kalau bawa headset tinggal dengerin. Tapi kalau pengen ngaji langsung, tinggal buka yang bagian surah dan terjemahannya deh. 

Ini daftar surat yang ada pada aplikasi ya.

Ini contoh tulisan dan terjemahan surat-nya. Memudahkan kita untuk bisa ngaji dimana saja. Sekalian kalau ingin tahu terjemahannya.

4. Amalan Ibu hamil
Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi favoritku. Isinya antara lain : 

Kenapa favorite? Karena di dalamnya ada banyak doa dan amalan untuk janin. Dari semasa masih dinkandungan. Sampai doa untuk anak supaya sholeh/shalihah. Sedikit cerita pengalamanku ya. Entah kenapa setiap kali hamil, aku selalu bermimpi buruk. Mungkin karena ketakutan yang sampai tersimpan di bawah alam sadarku kali ya. Jadi kebawa ketika tidur. Dari yg mimpi sedang tidur dikelilingin kelabang. Pokoknya diikutin hewan2 melata kecil2 sampe banyak dimana-mana. Sampai pernah juga ngimpi dikejar-kejar pocong. Sampai setengah sadar ada pocong tidur diatasku waktu hamil dhafin. Selain pocong, aku juga sering mimpi dikelilingi makhluk2 ghoib gitu deh. Ngeri kan. Jadi setiap kali hamil seringnya malah takut tidur dan akhirnya begadang. Alhamdulillah. Entah sugesti entah emang karna doa yg selalu aku baca dan tidak pernah kutinggalkan dari aplikasi ini. Dari minggu awal kehamilan sampai lahiran. Gak pernah sekalipun aku mimpi buruk. Mimpi menakutkan cuman sekali. Ceritanya juga cuman ketemu sama om nya suami yang sudah meninggal. Itu aja. Kata orang itu pertanda yang meninggal minta kiriman doa. Ya sudah deh kirim doa habis mimpi itu. Case closed. Gak kayak yang mimpi-mimpi serem yang membayangi hingga berhari-hari gitu.

Dan alhamdulillahnya di kehamilan terakhir kemaren aku nemu doa pelindung diri untuk bumil. Dibaca tiap kali maghrib. Tapi aku setiap kali hbs sholat lima waktu plus habis tahajjud. Jarang banget gak baca doa ini sih. Alhamdulillah banget. Kekhawatiran selama hamil ku jadi berkurang. 
Ini nih aku screenshot in doa berikut artinya yg bagus dan lengkap sekali menurutku ya :


Nah, sekarang jadi tahu kan ya. Aplikasi yang bermanfaat selama jadi bumil. Ini sih pengalamanku ya. Mungkin ada yg lebih bermanfaat bagi buibu semua. Boleh banget kalau mau dishare di sini. Biar kita bisa sharing ilmunya.

Salam.


No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email