Tuesday, 7 May 2019

Cari tempat bukber asyik di Purwodadi? Cek disini yuks!

10:00 2 Comments

Hai..hai..hai.. udah mulai puasa lagi ya. Seneng banget gak sih? Bagiku, bulan puasa itu selalu ngangenin. Coz suasananya pasti bakalan beda dibandingkan bulan2 yg lain. Dari mulai sahur, sholat shubuh berjamaah di masjid simpang, puasa, berbuka, tarawih, tadarus. Aaaahhh, kurindu semua itu!
Sayangnya, sejak menikah dan mulai hamil pertama-kelima jatah sholat subuh dan tarawihnya kebanyakan di rumah. Ya gakpapa juga. Momen mengandung dan momong anak, termasuk ibadah juga kan ya. Hehehe. Aaamiin.

Daaannnn, ngomong2 soal berbuka nih. Ada beberapa tempat favorit yg menurutku asyik banget buat berbuka di kota kelahiranku tercinta, Purwodadi.
Karena tinggalku di daerah seputaran Simpang Lima. Jadi aku kupas yg deket2 dari tempatku tinggal aja ya.
Tempat bukber asyik itu diantaranya :

1. Ayam bakar Pak Djamin (Noroyono)
Ayam bakar yg satu ini legendaris sekali di kota kami. Dari waktu aku puasa jaman kecil dulu. Warung pak djamin cuman berupa warung tenda layar biru. Dan letaknya mepet sama masjid Jabalul Khoir Simpang Lima. Tempatnya pun cuman kecil. Mepet tembok gitu seingatku.
Makanya waktu tadarus di masjid, sambil nunggu berbuka tak ayal perut yg keroncongan tambah keroncongan karna bau asap ayam bakar pak Djamin ini. Hahaha.
Sekarang jangan tanya ada berapa cabangnya ya? Seingatku di Purwodadi kota ada dua, tambah kedai cangkir berarti tiga. Di gubug ada satu, di wirosari ada satu. Ehm, dimana lagi ya? (Eh, malah ngitung kekayaan macam KPK aja aku ini ya? Hahahahaa).
Yang jelas, emang ayam bakar ini enak sekalee sih. Rasanya khas banget. Ditambah sambalnya. Citarasanya gak ada yg ngembarin. Ada dua jenis sambal. Yaitu sambal mentah (ada irisan jeruk nya) sama sambal saus (tapi bukan saus tomat ya. Teksturnya cuman lebih encer gitu).
Untuk menu gak cuman ayam bakar ya, ikan bakar, gudeg komplit, ca kangkung juga ada. Snack khas purwodadi juga ada. Nah lo, komplit kan?
Areanya pun luas. Mau bukber sendiri, berdua, bertiga, sekeluarga, bahkan sekampung juga bisa. Soalnya mereka nyediain aula juga. Lengkap dengan sound system nya.

Dan lagi yang aku senangi kalau bukber disini adalah ada musholanya! Jadi sambil nunggu makanan datang bisa sambil antri sholat maghribnya dulu aja deh.

2. Bali nDeso Resto and coffee
Terletak di jalan hayam wuruk, resto yg satu ini lagi naik daun. Kenapa? Karna menunya yang cocok dilidah banyak orang (menurutku). Tempatnya juga sangat instagrammable. Makanannya enak, meski harganya yaa lumayan lah. Tapi sebanding lah dengan makanannya.
Menu favorit disini adalah spaghetti dan gudeg. Untuk minumnya tersedia aneka jus, es krim dan kopi!
Tempatnya buat nongkrong rame-rame dan lama-lama cocok banget deh.

Dilantai satu maupun dua, sama2 bagus interior buat pephotoan. Sayangnya pas masih hamil kesana blm ada mushollanya. Jadi kita berlima (aku dan teman2ku sholat di Musholla Taman Kota yg terletak di seberang resto ini deh. Semoga pas puasa ini sudah ada ya? Atau karna letaknya deket banget sama pintu masuk masjid Jabalul Khoir, bagus juga kalo sholatnya di masjid simpang itu aja.


3. Kedai cangkir
Ini juga masih punya pak djamin. Disini menu andalannya adalah es o te o. Alias soto! Ada soto daging dan ayam. Ada becek jg disini. Untuk minuman andalannya adalah Kloping. Alias Klopo toping. Yang isinya adalah kelapa muda, kacang merah. Ini seger juga buat pelepas dahaga pasca berpuasa seharian. Disini ada tempat wudhu dan mushollanya juga ya. Tempat makan dan area parkirnya juga luas. Dan harganya, menurutku standard banget.

4. Kuno Kini cafe
Ini tongkrongan favorit aku juga. Letaknya yg strategis yaitu di sekitaran bundaran simpang 5. Yang arah menuju ke semarang kalau dari Solo. Jadi memudahkan untuk dicari. Menu favoritku adalah empek2. Kalau dhafin sukanya kaepsi dan mendoan. Minumannya es krim dan milk shake.

Disini tersedia juga mie level, roti bakar, kentang goreng dengan bermacam2 rasa, dan bermacam2 kudapan yg enak dan cocok dilidah.
Kuno Kini ini mengusung tema retro dan kekinian jadi satu. Ada spot foto yg isinya benda2 jadul. Dan ada yg spot fotonya kekinian. Disini juga terdiri aasa dua lantai. Lantai yg atas buat yg ngerokok gt kali ya. Semi outdoor dan kalau malam asik. Bisa lihat org2 yg lagi pacaran di bundaran simpang 5 *eeehhh.

Nah, itu dia beberapa tempat favorit untuk berbuka di Purwodadi versi aku.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya. Mau bukber dimana saja jgn lupa untuk bahagia.

Salam.



Monday, 6 May 2019

Buka Puasa Ala JSR nya dokter Zaidul Akbar

00:39 17 Comments

Beberapa minggu ini, aku lagi getol sekali dengan salah satu selebgram yang selalu membahas soal JSR alias Jurus Sehat Rasulullah, yaitu dr. Zaidul Akbar.
Kalau ditanya kenapa? Ya karena postingan beliau bermanfaat sekali untuk aku.
Beliau dengan segala kerendahan hati mau berbagi resep untuk berbagai macam penyakit dengan menggunakan produk-produk Allah yang ada di sekitar kita. Bisa menggunakan buah-buah an, madu, kurma, chia seed, dan segala macam rimpang dan biji2an. Seperti jahe, serai, kunyit, biji ketumbar, selasih sampai biji alpukat di bahas kegunaannya oleh beliau.
Dan dari bermacam-macam #resepJSR yang sudah beliau share, ada beberapa resep yang udah aku cobain, diantaranya :
1. Kurma+alpukat+madu

Caranya : potong-potong kurma dan alpukat, tuang madu diatasnya.
Sarapan pakai ini selama 3 hari aefek yg aku rasakan adalah badan jadi kerasa lebih fit, enteng, gak gampang ngantuk, dan entah kenapa jadi bahagiaaaa banget gitu meski tidak ada yg sedang istimewa.
Dan ini ternyata karna efek dari alpukatnya loh. Alpukat adalah buah yg sifatnya basa atau alkali yg dipercaya bisa memberikan efek bahagia. Alpukat ini punya banyak sekali manfaat lainnya. Yg mau lengkapnya bisa intip di postingan ig @dr.zaidul akbar ya. Hihihi.

2.Infused water nanas+kurma+manggis
Caranya : potong2 nanas se bonggolnya, tambahkan kurma dan isinya, manggis dan isinya juga kedalam botol tambah air. Masukkan kulkas. Rendam selama 6 jam. Minum.
Efeknya : 3 hari berturut-turut alhamdulillah tanganku yg kesemutan buat motoran jadi ga kumat lagi. Biasanya baru separuh perjalanan udah kebas. Itu kok sampai sekolahan (yang jaraknya 18km dari rumah) aman-aman aja. Gak kerasa kesemutan atau kebas lg seperti biasanya. Subhanallahu.

3. Kurma+kismis+air matang
Caranya : dibikin infused water. Masukkan malam hari ke kulkas, paginya buat bekal ke sekolah. Diminum pas masih dingin enak. Segar.
Efeknya kata dr. Zee sih ini antiaging. Obat anti keriput alami. Jadi harus sering2 bikin ini ya. Hihihi

4. Jahe+jeniper+madu

Ini adalah menu sahurku tadi pagi. Kalau biasanya setiap sahur minumku teh hangat dan susu coklat, mulai ramadhan ini aku mau menyenangkan tubuhku dengan minuman jahe ini.
Cara bikinnya mudah banget, tinggal bikin wedang jahe segar, setelah hangat kuku masukkan jeniper (jeruk nipis peras), lalu supaya manis kasih madu. Untuk obat maag akut cocok juga loh minum ini. Dulu ak ga percaya jadi maju mundur cantik bikin ramuan ini. Padahal lo padahal jeruknipis dan madu ini jistru baiiik banget sama lambung kita. Jadi bukan bikin maag kumat justru minuman ini menyembuhkan.
Efeknya, alhamdulillah perut berasa "adem" malah. Ga kerasa perih sama sekali kaya kalau maag kita sedang menyerang.

Nah, itu menu sahurku. Kalau untuk berbuka, insyaallah mau juga ikutan resep jurus sehat ala rasulullah dokter zaidul  juga.
Yaitu, begitu adzan berkumandang minum segelas air hangat, kemudian makan kurma 7buah. Setelah itu sholat maghrib.
Habis maghrib mau bikin smoothies. Kebetulan punya stok alpukat, buah naga, pisang, kismis, kurma, chia seed.
Nanti setelah tarawih baru mau makan besar, seperti nasi (harusnya pakai nasi merah sih. Tapi aku belum bisa 😩) , banyak2 sayur. Dan buah dengan toping madu.


Sebenarnya habis makan smoothies ga perlu makan "besar" lagi ya. Tapi untuk aku yg sedang dalam masa pertumbuhan badan. Halah. Maksudnya sih pengen naikin berat badan, jadi harus ttap makan besar. Selama masih dalam "aturan" resep JSR.
Yaitu :
1.   No gulpas (lebih disarankan gula aren atau madu sebagai pengganti manis)
2. No dairy milk (susu dan semua produk turunannya)
3. No gluten (semua makanan berbahan tepung)
4. No  Gorengan
5. No nasi putih (aku masih makan ini meski porsi ya sedikit😩)

Demikian sharing aku untuk berbuka di hari pwrtama ramadhan ini ya. Kalau kamu? Iyyaa, kamu...mau berbuka apa hari ini?
Ingat sekarang bukan waktunya berbuka dengan yg manis, tp yang sehat ya!

Salam.



rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email