Wednesday, 25 August 2021

CONTOH BEST PRACTICE RPS DIKLAT PENGUATAN KS

 

RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah. Hal ini dilakukan setelah mengidentifikasi masalah pembelajaran yang ada dan terjadi secara nyata di masing-masing sekolah. Dari identifikasi masalah tersebut dicarikan solusi terbaik yang sekiranya bisa mengatasi masalah pembelajaran yang terkait. Apabila solusi tersebut berhasil, maka bisa dijadikan salah 1 praktik baik (best practice ) dalam pelaksanaan RPS itu sendiri.

Berikut adalah salah satu contoh praktik baik yang dilaksanakan sebagai laporan pada pelaksanaan diklat Penguatan Kepala Sekolah periode 1-30 Juli 2021 kemarin.

MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA QUIZZIZ

 

A.    MASALAH

Memotivasi belajar peserta didik acapkali menjadi  masalah yang pelik dan tak mudah bagi para pendidik. Ada banyak hal yang mempengaruhi motivasi seorang peserta didik apalagi dalam hal belajar dan ikut berproses dalam hal pembelajaran. Monurut Dimyati dan Mudjiono (2002:26) menyatakan bahwa motivasi merupakan kekuatan mental yang  mendorong terjadinya proses belajar. Motivasi belajar ini  memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan gairah atau semangat dalam belajar, sehingga siswa yang memiliki motivasi kuat punya energi yang banyak untuk ikut terlibat dalam kegiatan belajar.

Motivasi ini sendiri terdiri dari dua macam. Yaitu motivasi intrinsic dan ekstrinsik. Seperti yang dikutip dari Santorck (2004, p.418) menyatakan bahwa motivasi intrinsic dipengaruhi oleh motivasi internal untuk melakukan sesuatu karena dorongan dari gairah atau perasaan yang muncul dari dalam.  Contoh, seseorang belajar Bahasa Inggris karena dia menyukai pelajaran tersebut. Ini berarti bahwa motivasi intrinsic ini datang dari dalam diri seseorang sehingga membuatnya berusaha keras untuk mencapai tujuan.

Kebalikan dengan intrinsic, motivasi ekstrinsik ini dipandang sebagai hasil dari berbagai factor dari luar, seperti keinginan untuk lulus ujian, harapan untuk mendapatkan hadiah berupa uang atau kemungkinan mendapatkan pengalaman di masa depan (Harmer, 2007:98). Bentuk motivasi ini biasanya dating dari luar dan memberikan pengaruh pada diri seseorang.

Disinilah masalah muncul pada murid di SMP Yatpi Godong yang kebetulan memiliki latar belakang ekonomi menengah kebawah. Motivasi untuk sekolah, apalagi untuk belajar yang dimiliki peserta didik sangat rendah sekali. Hampir 60% dari peserta didik memliki riwayat tidak tinggal dengan orang tuanya. Selain akibat perceraian, Sebagian dari mereka ditinggal karena salah satu atau bahkan kedua orang tua  mereka bekerja jauh dari rumah. Tak sedikit bahkan yang mengabadikan diri mereka di negara yang berbeda. Sehingga kebanyakan dari peserta didik tersebut, tinggal Bersama nenek/kakeknya yang sudah renta, sehingga menyebabkan kurangnya perhatian yang berimbas pada motivasi belajar mereka sangat rendah.

Untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran, salah satu yang dilakukan sekolah adalah pendampingan. Dan demi mengobarkan semangat anak didik untuk tetap semangat belajar dan mau melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, otomatis diperlukan satu metode atau media yang membuat peserta didik tertarik untuk belajar. Terutama dalam mapel Bahasa Inggris.

Disinilah penulis mencoba menceritakan bagaimana media pembelajaran quizziz menjadi metode yang memberikan pengalaman baik dalam hal pengajaran Bahasa Inggris pada anak kelas 9 SMP YATPI Godong yang saat itu kurang memiliki motivasi belajar untuk menghadapi Ujian Sekolah yang sudah di depan mata.

 

 

B.     STRATEGI DAN LANGKAH MENGATASI MASALAH

Sudah banyak hal yang dilakukan oleh penulis untuk memotivasi peserta didik untuk belajar Bahasa Inggris sebenarnya. Seperti pemberian rewards, pemutaran music berbahasa inggris di dalam kelas selama pembelajaran (sesuai hasil permintaan PD), hingga pembelajaran diluar kelas. Cara tersebut memang memancing motivasi siswa, tapi belum menunjukkan hasil belajar yang diharapkan.

Akhirnya berbekal ilmu sedikit yang diterapkan dari hasil MGMP, penulis mencoba menggunakan media berbasis IT, yaitu quizziz.

Quizziz ini merupakan media yang digunakan dalam penilaian. Quiziz ini berbeda karena bentuknya menyerupai game dari segi fitur tampilan di layar HP sampai pada music dan reward yang bisa didapat. Jadi untuk anak gamers atau yang menyukai game, senang sekali dan merasa tertarik Ketika awal diberitahukan akan penggunaan media ini.

Cara mengoperasikannyapun tergolong mudah. Bagi pendidik yang ingin membuat soal melalui quizzis, maka harus memiliki akun terlebih dahulu.

Akun ini bisa menggunakan email yang dipoperasikan secara aktif. Selain email, bisa juga menggunakan akun medsos, seperti facebook.

Penggunaanya pun mudah bahkan untuk pemula yang belum pernah menggunakannya. Dalam pembuatan soal, pengguna bisa melampirkan foto hasil koleksi pribadi ataupun hasil googling dan lanjut membuat soal berdasarkan materi yang sudah pernah diberikan ke siswa. SEbagai referensi soal, ada banyak soal dari pengguna lain yang bisa kita unduh sebagai tambahan.

 

C.    HASIL

Dari penggunaan media quizziz ini, alhamdulillah peserta didik jadi termotivasi untuk belajar, sebagai bekal Ujian Sekolah mereka, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris atau materi yang diajarkan oleh penulis.

Quizziz ini bisa disetting untuk beberapa kalikah penggunaannya. Sebagai ajang Latihan ujian, quizziz ini cocok sekali digunakan. Karena hasilnya bisa diulang sampai peserta didik mencapai batas nilai yang mereka inginkan sebelum benar-benar mengerjakan quizziz lain yang disetting hanya untuk sekali pengerjaan. Ini bagus sekali untuk melatih rasa percaya diri peserta didik dalam hal mengerjakan soal. Ibarat kata pepatah “Ala bisa karena biasa”. Quizziz ini sanagt membantu peserta didik untuk membiasakan mengerjakan soal dan hasilnya peserta didik bisa mencapai nilai lebih tinggi dari sebelumnya.

 

D.    FAKTOR PENDUKUNG

Faktor pendukung dari penggunaan media quizziz ini, selain kemudahan penggunaannya, juga dari segi tampilan yg eye catching alias menarik. SElain itu karena ini bukan sebuah aplikasi, jadi peserta didik tidak harus mendownload di HP mereka. Jadi tidak memenuhi memori card, yang bisa menjadi alasan bagi mereka enggan menggunakan media quizziz ini.

 

E.     FAKTOR PENGHAMBAT

Selain factor pendukung, tentu saja program ini tidak serta merta berhasil sepenuhnya. Ada beberapa factor penghambat pelaksanaan pembelajaran menggunakan quizziz ini. Diantaranya dihadapi oleh peserta didik yang tidak memiliki Hp atau kuota.

Alhamdulillah, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan HP milik dewan guru.

Hambatan kedua yaitu berkaitan dengan kendala tekhnis. Yaitu masalah listri yang tiba-tiba padam, sehingga jaringan internet juga lenyap.

Selain itu ada juga beberapa peserta didik yang tidak memiliki Hp sehingga pada akhirnya menggunakan beberapa HP milik dewan guru. Alhamdulillah berkat kekompakan rekan semua, segala masalah dan hambatan tersebut bisa diatasi.

 

F.     KESIMPULAN

Dari penjelasan penggunaan media quizziz diatas, kesimpulan yang bisa diambil diantaranya adalah , bahwa : 1) Motivasi itu perlu dimiliki oleh peserta didik untuk mencapai tujuan belajarnya, 2) Ada dua factor yang mendorong motivasi belajar peserta didik, 3) Dibutuhkan media yang tepat yang bisa mendorong peserta didik untuk belajar, 4) Salah satu media yang tepat dan bisa digunakan untuk memotivasi belajar adalah quizziz, 5) Keunggulan media quizziz adalah kemudahan dalam pengunaannya, tidak perlu didonlot, tampilannya yang menyerupai game, memudahkan pengguna dalam pembuatan soal, dan mebantu siswa lebih percaya diri dalam mengerjakan soal.

Dan diakhir pembelajaran bisa diketahui bahwa jumlah peserta pelaksanaan pembelajaran meningkat. Hasil yang dicapai mulai menunjukkan peningkatan yang juga signifikan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode quizziz ini dinyatakan berhasil.

No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog