Wednesday 29 June 2022

Aku dan rasa malasku (apa dan bagaimana)


 Assalamualaikuum..


Hmmm rasanya sudah lamaaaaaaaaaaaaa sekali tidak menulis di blog. Dan tau gak sih, ternyata gagu banget ketika mau awal menulis lagi, ya? Wkwkkwkw. Untung punya komunitas yang tepat, komunitas yang selalu mensupport untuk terus menulis diblog sesuai jargonnya, "ngeblog ben rak ganjel". Komunitas yang selalu serruu dan rame konde di chat WA grup. Selalunya aadaaa aja yang dibahas dan semuanya pastii selalu bikin senyum-senyum sendiri even ikut manggut2 ketika banyak ilmu bertebaran yg dibagi (Cuman bisa senyam senyum dan manggut2 karna memang aku silent reader disana 😄). 

Dan tulisan ini juga persembahan untuk GANDJEL REL, komunitas blog kesayangan. Yang insyaallah senang sekali bisa jadi salah satu anggotanya. Meski belum bs aktif di setiap kegiatannya. Tapi aku tahu suatu saat nanti ketika sudah domisili tetap di Semarang, akan aku sambangi anggota2nya dan ikuti semua kegiatannya. Insyaallaah😄. Sudah pernah 3 kali ikut meet up sih, dan senang ketika bertemu dengan anggotanya yg ramah2 meski cuman kenal di dunia maya. Dan bersapa di sosial media.

Btw, tema blog event gandjel rel kali ini adalah tentang "kenapa sih malas ngeblog?". Waah, kalau ditanya alasan bisa penuh kali ya kalau ditulis. Wkwkwkwk. Tapi ya gimana lagi, rasa malas ini kok ya valid😄 eh kok gitu? Nanti deh yaaa aku jabanin disini.

Untuk alasan kenapa mulai jarang ngeblog. Karena memang jadwal sedang padat merayap😢

Alhamdulillah, tiga tahun ini sedang didaulat buat pegang sekolahan. Sekaligus sedang "berusaha" nyelesein sekolah pasca. Kalau sore, alhamdulillah dipercaya para tetangga untuk ngajar ngaji TPQ di masjid komplek. Jadi, ya kegiatan full dari jam 06.30 sampai jam 17.30. Alias 12 jam sehari. Tak pelak hal ini terkadang bukan hanya menyita pikiran, tapi juga tenaga. Begitu sampai rumah pas adzan maghrib, sudah terkaparr tidak berdaya😄.

Tapi gakpapa juga sih, semua sudah jadi amanah. Tinggal dijalanin saja. Insyaallah, dimudahkan segalanya🤲😇

Kembali bicara soal rasa malas. Tadi diawal sudah kutulis kan yaa. Kalau rasa malas itu valid. Ada kalanya memang kita punya rasa jenuh dan bosan. Cuman ya harus tau batasannya.

Mungkin aku akan merangkum deh, beberapa pendapatku soal malas ini ya :

1. Kenali dulu APA

Yang pertama perlu dilakukan adalah mengakui dan menerima dulu deh semua perasaan yang ada. Kemudian mengidentifikasi apa sih yang sedang mostly dirasakan dan apa penyebabnya. Buat dicari penanganannya.

Bisa jadi malas karna bosen, jenuh, memang lagi stuck atau karna merasa tidak ada progress yg signifikan, bisa jadi beda-beda solusinya.

2. Mulai bikin list tentang "Bagaimana" (how to deal with) perasaan dan keadaan  kita.

Setelah tau perasaan sendiri. Mulai dicari deh bagaimana cara mengatasi rasa malas tersebut.

Hal-hal yang bisa dilakukan diantaranya :

☆ Membayangkan hal-hal yang sekiranya disenangi dan bikin semangat lagi

Contoh : kalau pas malas nulis ya bayangin aja seandainya kalau menang lomba nulis. Gimana rasanya. Berdiri dipodium menerima penghargaan menulis, atau ada nama kita terpampang nyata di koran atau di medsos. Pasti bangga dan bahagia kan ya? Dengan merangsang perasaan bahagia itu, bisa jadi akan membuat kita lebih punya semangat nantinya.


☆ Cari artikel, baca buku, atau mantengin  postingan akun2 motivasi

Ini yang paling sering aku lakuin nih. Nemu, simpan, catat di buku atau discreenshot untuk dijadikan wallpaper bisa jadi pilihannya.

Salah satu quotes motivasi yang baru aku temukan beberapa hari lalu adalah :

"Kenapa malas? Apakah malas itu menguntungkan? Kalau tidak, ya buat apa  malas!?" Sesimpel itu ya. Tapi kok kalau dipikir ya benar😄 sdh beberapa hari tulisan itu jadi semacam auto text di pikiran karena tertulis dihalaman depan buku agendaku jadi sering terlihat dan terpikirkan😌


☆ Cari teman penyemangat

Ketika ada artikel yang menyatakan bahwa lingkungan berpengaruh pada diri kita, itu aku setuju banget. Ketika rasa malas melanda, tinggal cari teman-teman yang hidupnya sedang bersemangat sekali. Ketika sedang malas mengerjakan tugas kuliah, cari teman2 mudaku yg lagi getol2nya ngerjain kuliah. Biar bisa sekalian nyontek,,,, semangatnyaaa.. jangan "hanya" jawabannya, yaaa😄.

Salah satu kegiatan seru yang pernah aku ikuti. Pelatihan pembuatan shibori bersama para GRes di hokben.



☆ Healing

Wkwkwkwk.. kayak kena mental aja gitu ya jadi malas. Healing itu perlu sih. Ga harus travelling ke suatu tempat kalau buat aku. Dengerin lagu2 yang lirik bin musiknya bikin semangat. Sambil jejingkrakan pegang pel atau sapu juga bisa semangat. Hahahaaa...yang penting kemana hati senang yaaa.

Kalau tidak, ada kalanya juga aku butuh untuk melipir. Menyendiri dulu. Menghilang dari hiruk pikuk duniawi. Cari tempat yg tenang untuk lebih aware pada diri sendiri. Berdialog dengan diri sendiri dulu, cari kekuatan🤗. Karna pada dasarnya kekuatan yang muncul dari diri sendiri adalah motivasi  yang terbaik bagi diri kita.

Pertama kali ikut meet up acara ultah GR yang kedua di kantor blue bird😎



☆ Kembali lihat ke tujuan awal

Ini yang paling serius. Rasa malas terkadang bikin kita mundur ke banyak langkah ke belakang. Kalau terlalu banyak juga kadang timbul penyesalan kan ya.

Jadi biasanya, kembali membaca ulang tujuan2 atau cita2 yang ingin diraih. Lalu, bikin  list baru tentang apa yang diinginkan/dicapai untuk jangka pendek dan panjang. Isi ceklist yang sudah tercapai, untuk bersyukur. Dan bikin daftar yang belum tercapai untuk memompa semangat.


☆ Beri Reward pada diri sendiri

Beri reward pada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu dan menaklukkan rasa malas. Gak perlu barang mahal, tapi sesuatu yang rasanya sudah lama ingin dimiliki, kecuali dirinya yg sudah jadi milik orang lain yaa🤦‍♀️😄

Demikian pendapatku soal rasa malas. Kalaupun belum berhasil mengatasinya, setidaknya insyaallah on the way proses kesana.

Ahhk, jadi nemu semangat nulis lagi deh, berkat gandjel rel.

Terimakasih uda bikin even kayak ginian ya gandjel rel yaaa. Mwah mmmwaaah..lope lope selalu pokoknya❤😘😘

Semoga suatu hari nanti, bisa ikutan kegiatan2 serunya lagi. Pas disemuanya, baik waktu maupun kesempatannya. Aamiin.

Wassalam...




No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog