Monday, 6 May 2019

Buka Puasa Ala JSR nya dokter Zaidul Akbar


Beberapa minggu ini, aku lagi getol sekali dengan salah satu selebgram yang selalu membahas soal JSR alias Jurus Sehat Rasulullah, yaitu dr. Zaidul Akbar.
Kalau ditanya kenapa? Ya karena postingan beliau bermanfaat sekali untuk aku.
Beliau dengan segala kerendahan hati mau berbagi resep untuk berbagai macam penyakit dengan menggunakan produk-produk Allah yang ada di sekitar kita. Bisa menggunakan buah-buah an, madu, kurma, chia seed, dan segala macam rimpang dan biji2an. Seperti jahe, serai, kunyit, biji ketumbar, selasih sampai biji alpukat di bahas kegunaannya oleh beliau.
Dan dari bermacam-macam #resepJSR yang sudah beliau share, ada beberapa resep yang udah aku cobain, diantaranya :
1. Kurma+alpukat+madu

Caranya : potong-potong kurma dan alpukat, tuang madu diatasnya.
Sarapan pakai ini selama 3 hari aefek yg aku rasakan adalah badan jadi kerasa lebih fit, enteng, gak gampang ngantuk, dan entah kenapa jadi bahagiaaaa banget gitu meski tidak ada yg sedang istimewa.
Dan ini ternyata karna efek dari alpukatnya loh. Alpukat adalah buah yg sifatnya basa atau alkali yg dipercaya bisa memberikan efek bahagia. Alpukat ini punya banyak sekali manfaat lainnya. Yg mau lengkapnya bisa intip di postingan ig @dr.zaidul akbar ya. Hihihi.

2.Infused water nanas+kurma+manggis
Caranya : potong2 nanas se bonggolnya, tambahkan kurma dan isinya, manggis dan isinya juga kedalam botol tambah air. Masukkan kulkas. Rendam selama 6 jam. Minum.
Efeknya : 3 hari berturut-turut alhamdulillah tanganku yg kesemutan buat motoran jadi ga kumat lagi. Biasanya baru separuh perjalanan udah kebas. Itu kok sampai sekolahan (yang jaraknya 18km dari rumah) aman-aman aja. Gak kerasa kesemutan atau kebas lg seperti biasanya. Subhanallahu.

3. Kurma+kismis+air matang
Caranya : dibikin infused water. Masukkan malam hari ke kulkas, paginya buat bekal ke sekolah. Diminum pas masih dingin enak. Segar.
Efeknya kata dr. Zee sih ini antiaging. Obat anti keriput alami. Jadi harus sering2 bikin ini ya. Hihihi

4. Jahe+jeniper+madu

Ini adalah menu sahurku tadi pagi. Kalau biasanya setiap sahur minumku teh hangat dan susu coklat, mulai ramadhan ini aku mau menyenangkan tubuhku dengan minuman jahe ini.
Cara bikinnya mudah banget, tinggal bikin wedang jahe segar, setelah hangat kuku masukkan jeniper (jeruk nipis peras), lalu supaya manis kasih madu. Untuk obat maag akut cocok juga loh minum ini. Dulu ak ga percaya jadi maju mundur cantik bikin ramuan ini. Padahal lo padahal jeruknipis dan madu ini jistru baiiik banget sama lambung kita. Jadi bukan bikin maag kumat justru minuman ini menyembuhkan.
Efeknya, alhamdulillah perut berasa "adem" malah. Ga kerasa perih sama sekali kaya kalau maag kita sedang menyerang.

Nah, itu menu sahurku. Kalau untuk berbuka, insyaallah mau juga ikutan resep jurus sehat ala rasulullah dokter zaidul  juga.
Yaitu, begitu adzan berkumandang minum segelas air hangat, kemudian makan kurma 7buah. Setelah itu sholat maghrib.
Habis maghrib mau bikin smoothies. Kebetulan punya stok alpukat, buah naga, pisang, kismis, kurma, chia seed.
Nanti setelah tarawih baru mau makan besar, seperti nasi (harusnya pakai nasi merah sih. Tapi aku belum bisa 😩) , banyak2 sayur. Dan buah dengan toping madu.


Sebenarnya habis makan smoothies ga perlu makan "besar" lagi ya. Tapi untuk aku yg sedang dalam masa pertumbuhan badan. Halah. Maksudnya sih pengen naikin berat badan, jadi harus ttap makan besar. Selama masih dalam "aturan" resep JSR.
Yaitu :
1.   No gulpas (lebih disarankan gula aren atau madu sebagai pengganti manis)
2. No dairy milk (susu dan semua produk turunannya)
3. No gluten (semua makanan berbahan tepung)
4. No  Gorengan
5. No nasi putih (aku masih makan ini meski porsi ya sedikit😩)

Demikian sharing aku untuk berbuka di hari pwrtama ramadhan ini ya. Kalau kamu? Iyyaa, kamu...mau berbuka apa hari ini?
Ingat sekarang bukan waktunya berbuka dengan yg manis, tp yang sehat ya!

Salam.



17 comments:

  1. Saya sebagai pecinta alpukat langsung ga sabar mau cobain deh. Kayaknya bakal makin endeus ya mba kalau dikasih madu sama kurma. Hihihi

    ReplyDelete
  2. no no nya itu yang masih susah, mbak huhu buka pake gorengan tuh kayaknya nikmat bangeeeettt tapi emang kurang baik yah huhu.. bisa dicoba resepnya nih biar tetep fit saat berpuasa

    ReplyDelete
  3. Eh ternyata kita follow orang yang sama, Rahma. Aku juga lagi belajar ngikutin JSR ala Dr Zaidul. Adik iparku yang menyarankan dan baru 1 bulanan lah, semoga makin sehat ya

    ReplyDelete
  4. Yg simpel2 gini malah lbh banyak gizi drpd processed food ya mbak. Buat yg sahurnya buru2 pun cocok

    ReplyDelete
  5. Ya Alloh semua pantangan JSR itu kok kulanggar semua yaa huhuhu. Kau baru mau coba kurangi nasi dan perbanyak buah2an sih.

    ReplyDelete
  6. auto follow Dr Zaidul, Mbak. Resep yang infused water nanas, kurma, manggis bisa nih buat dipraktikkin ke babeku yang tangannya suka kesemutan.

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah... Mba Rahma udah mulai nerapin. keren...! semoga istiqoma, Mbak... aku baru air putih dan kurma aja, infused water sesekali, lainnya masih belum nyoba dan masih sering nakal. hiks. *tutupmuka*

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tahu jika, aku mau coba follow ah Zaidul Akbar, terima kasih resepnya ya..

    ReplyDelete
  9. Waah...noted. Pengen nyonto juga nih resepnya dr. Zaidul. Biar makin sehat dan aawet muda ya mbak Rahma

    ReplyDelete
  10. Duh akh kok jadi mbayangin alpukat kurma madu tu kayanha seger banget ya mbak. Aku mo nyobain ah biar badan git terus

    ReplyDelete
  11. Wah tampaknya enak ya.. Jadi, makanan sehat itu bisa enak juga lho..hehe.. Pengen nyobain ah..kapan2..

    ReplyDelete
  12. Nasi putih & gorengan ini seolah menu wajibku mbak. Haha
    Pengen banget yang resep alpukat, tapi setiap beli alpukat kok selalu ga bagus :(

    ReplyDelete
  13. Jeruk nipis ini jadi menu wajibku setiap hari juga lho mbak. Kalo absen nggak minum jeruk dalam jangka waktu lama, biasanya badan protes. Kalo sakit, aku perbanyak porsi konsumsi jeruknya.

    ReplyDelete
  14. Wowww kurma dan kismis bisa utk anti aging yaaa... Catet aahh... Tapi klo no nasi ya bisa pingsan doono :))

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah mencoba infus water mba. Pengen juga ih coba. Apalagi dapet resep langsung dari pakarnya ini. Kapan kapan ahhh ak coba

    ReplyDelete

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog

Follow by Email